SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Batik pada Mata Pelajaran Seni Budaya untuk Peserta didik kelas X di SMA Negeri Jatiroto Lumajang

Yafani Bahriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri Jatiroto pada mata pelajaran Seni Budaya tentang materi Seni Batik. Sebelum masuk pada Kurikulum 2013 guru sudah pernah membuat modul belajar untuk peserta didik ketika masih menggunakan Kurikulum 2006 (KTSP). Namun modul tersebut sudah tidak dipakai lagi karena di sekolah tersebut sudah menggunakan Kurikulum 2013, pada Kurikulum 2013 ini guru tidak membuat modul lagi. Pada buku pegangan peserta didik menjelaskan mengenai materi seni rupa dua dimensi, namun penjelasan materi yang dikemukakan di dalam buku paket pada bagian materi Batik kurang membahas secara luas hanya media, alat dan bahan secara umum sehingga perlu adanya penambahan dalam materi batik, karena hal itu perlu dikembangkan lagi.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu berupa modul pembelajaran dengan materi tentang Seni Batik. Bahan ajar ini tergolong valid/layak dan dapat diimplementasikan. Ahli materi memberikan penilaian yang tergolong sangat valid dan masih perlu adanya revisi (88%) dan ahli desain  memberikan penilaian yang tergolong cukup valid dan masih banyak yang perlu direvisi (66%) pada tahap validasi pertama, kemudian pada tahapan kedua memberikan penilaian yang tergolong sangat valid dan perlu ada revisi (92%). Hasil angket penilaian responden uji coba oleh guru memberikan penilaian yang tergolong sangat valid dan perlu revisi (82%). Hasil angket penilaian responden peserta didik pada uji coba produk, menunjukkan bahwa bahan ajar tergolong dalam kategori valid/layak. Nilai hasil presentase uji coba pada kelompok kecil menunjukkan penialian sangat valid (81 %).

Dapat disimpulkan bahwa modul yang sedang dikembangkan ini mendapatkan penilaian sangat valid dari masing-masing validator dan subyek uji coba, namun masih memerlukan revisi dibeberapa bagian guna untuk memperbaiki dan menyempurnakan modul pembelajaran yang sedang dikembangkan.

 

Pada penelitian ini dihasilkan sebuah modul pembelajaran Seni Batik. Bahan ajar yang sedang dikembangkan ini berupa modul pembelajaran dapat dijadikan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan pada SMA Negeri Jatiroto untuk menunjang proses pembelajaran Seni Budaya.