SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Video Pariwisata Martapura, Kabupaten Banjar

Bunga Hanika Wibawa

Abstrak


ABSTRAK

 

Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan merupakan salah satu wilayah yang mempunyai potensi wisata yang sangat tinggi dan dapat dikembangkan menjadi salah satu potensi wisata di Kalimantan Selatan.Banyak wisatawan yang belum mengetahui potensi-potensi wisata Martapura.Sehingga, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar ingin merancang media dengan bentuk video promosi. Tujuan perancangan ini adalah untuk meningkatkan dan memberi informasi kepada audiens dan calon wisatawan secara lengkap mengenai potensi wisata yang berada di Martapura, Kabupaten Banjar yang akan ditampilkan pada media TVC lokal, videotron (billboard yang menggunakan tampilan elektronik dengan bersumber pada video) dan social mediaseperti Youtube, Facebook, dan Instagram.

Perancangan ini menggunakan model perancangan procedural, dimana pada perancangan ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh M.Yoshioka untuk menghasilkan metode baru yang sesuai dengan perancangan ini.Data dalam perancangan dikelompokkan menjadi dua, yaitu data lapangan yang dapat diperoleh dengan observasi langsung dan wawancara.Kemudian data pustaka diperoleh dengan mencari referensi video serupa dan buku pariwisata.

 

Hasil perancangan video pariwisata Martapura Kabupaten Banjar yang telah mengikuti prosedur adalah sebuah video promosi dengan tagline ‘’Martapura, The Treasure of Borneo’’ sebagai media utama yang berisi tentang informasi obyek-obyek wisata yang ada di Martapura, Kabupaten Banjar, meliputi obyek wisata budaya, religi, kuliner, alam, belanja dan produk unggulan.Sebagai media perndukung promosi video ini terdapat x banner, stiker, kaos, dan totebag.