SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Jenis Musik melalui Metode PAKEM pada Peserta Didik Kelas X MIPA 3 di SMAN 1 Kandangan Kediri

Chintia Restu Armanda

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Armanda, Chintia Restu. 2017. Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Jenis Musik melalui Metode PAKEM pada Peserta Didik Kelas X MIPA 3 di SMAN 1 Kandangan Kediri. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra. Hj. E.W. Suprihatin Dyah P, M.Pd, (II) Rully A. Zandra M. Sn, M. Pd.

 

Kata Kunci: hasil belajar, metode PAKEM, jenis musik, SMA.

 

Kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Kandangan memiliki rata-rata hasil belajar di bawah SKM pada mata pelajaran seni budaya (seni musik). Metode yang digunakan guru adalah metode diskusi, presentasi, dan penugasan. Beberapa metode ini kurang sesuai digunakan pada kelas X MIPA 3 dengan kondisi peserta didik yang pasif. Guru juga belum pernah menerapkan metode PAKEM pada proses pelaksanaan pembelajarannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode PAKEM pada mata pelajaran seni budaya dengan materi jenis musik untuk peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kandangan dengan jumlah 38 peserta didik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana pencapaian hasil belajar peserta didik mencapai hasil belajar sesuai kriteria yang diberikan oleh guru pada mata pelajaran seni budaya dengan materi jenis musik untuk peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kandangan, dengan penerapan metode PAKEM.

Pelaksanaan penelitian tindakan kelas meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada pelaksanaan pembelajaran melalui metode PAKEM, guru menggunakan materi jenis musik. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dalam setiap siklusnya terdapat 3 kali pertemuan. Hasil refleksi dipergunakan untuk pertimbangan perbaikan pembelajaran pada siklus berikutnya, sehingga terjadi peningkatan hasil belajar pada materi jenis musik.

Penelitian ini merupakan hasil belajar yang didapatkan dari gabungan antara penilaian proses PAKEM dan penilaian hasil berupa tes tulis pada materi jenis musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni musik dengan metode PAKEM mengalami peningkatan. Batas kriteria ketuntasan yang ditetukan adalah sesuai dengan SKM di sekolah tersebut, yaitu 75. Pada siklus I, ketuntasan belajar sebesar 76%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 95%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan metode PAKEM dipadukan dengan media power point, video, dan gitar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ketuntasan tersebut dapat diketahui melalui data hasil belajar peserta didik selama penelitian dilaksanakan. Adapun saran yang diberikan yaitu guru seni budaya sebagai subjek pendidikan yang berinteraksi secara langsung dengan peserta didik sebaiknya menerapkan metode PAKEM pada mata pelajaran seni budaya dengan penggunaan media yang lebih variatif, tanpa membebani peserta didik dengan tugas yang terlalu sulit.