SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis M-Learning dengan Memanfaatkan Smartphone Android untuk Materi Notasi Musik

Arin Pradikasetya Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

Rahmawati, Arin Pradikasetya, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis M-Learning dengan Memanfaatkan Smartphone Android untuk Materi Notasi Musik.Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dra. Hj. E. W. Suprihatin D. P, M.Pd dan (II) Rully A. Zandra, M.Pd, M.Sn.

Kata kunci : ­m-learning, android, notasi musik, teori musik.

            Dalam pembelajaran musik dibutuhkan pemahaman tentang membaca notasi agar siswa bisa memainkan lagu pada sebuah alat musik, terlebih jika siswa tersebut belum pernah mendengar lagu yang akan dimainkan. Kemampuan musikalitas dalam kaitannya dengan kepekaan nada yang sangat kurang menyebabkan siswa tidak bisa memainkan lagu jika tidak ada notasi.

Tujuan pengembangan media adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis ­m-learning dengan memanfaatkan smartphone  android sebagai media penunjang dalam pembelajaran.

Metode penelitian yang digunakan adalah R & D (Research and Development) yang dimodifikasi dari Sugiyono dengan model Sequential Exploratory. Metode pengembangan modifikasi dijabarkan dalam 11 langkah yakni (1) menemukan masalah dan potensi, (2) pengumpulan data, (3) rancangan produk, (4) pembuatan produk, (5) validasi tahap I, (6) revisi tahap I, (7) validasi tahap II, (8) revisi tahap II, (9) uji coba I kelompok kecil, (10)uji coba II kelompok besar, (11) distribusi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif berupa hasil wawancara dengan tentor dan saran dari validator mengenai media pembelajaran dan data kuantitatif berupa angka (hasil validasi dan uji coba).

Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk pengembangan media pembelajaran berbasis m-learning dengan memanfaatkan smartphone android untuk materi notasi musik yang diterapkan pada siswa Kaizen Musik School sebagai subjek uji coba I dan uji coba II. Adapun hasil uji coba adalah sebagai berikut: (1) validasi tahap I mencapai 78,125 % oleh ahli materi, dan 72,5% oleh ahli media. (2) validasi tahap II oleh ahli materi mencapai 93,75%, dan 78,75% oleh ahli media. (3) uji coba I kelompok kecil dengan menggunakan 27 siswa sebagai sampel dan mendapat rata-rata nilaisebesar 71,2. (4) uji coba II kelompok besar dengan menggunakan 54siswa dan mencapai rata-rata nilai sebesar 77,03.(5) media yang telah melalui uji coba II kelompok besar selanjutnya didistribusi melalui layanan konten digital android yakni Google Play Store.

            Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk media pembelajaran notasi musik yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Saran yang ditujukan untuk peneliti dan pengembang selanjutnya adalah lebih merinci materi yang ada di dalam media dan membuatnya dengan desain yang lebih menarik.