SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Rebranding Kampung Wisata Sanan Untuk Meningkatkan Brand Image Sebagai Pusat Oleh-Oleh Keripik Tempe

Karindra Dewi Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

Puspitasari, Karindra Dewi. 2017. Rebranding Kampung Wisata Sanan untuk Meningkatkan Brand Image Sebagai Pusat Oleh-Oleh Keripik Tempe. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I). Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc, Ph.D

 

Kata Kunci: Rebranding, Keripik Tempe, Sanan, Brand Image, Kampung wisata.

 

Ikon kota Malang salah satunya adalah tempe. Tempe yang dibuat di kota Malang memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Kini, tempe dikembangkan dalam bentuk keripik tempe. Dan rasa yang tercipta dari keripik tempe juga memiliki cita rasa yang lezat dan renyah. Salah satu pusat penghasil tempe dan keripik tempe berada di daerah Sanan. Namun, image sentra industri keripik tempe Sanan belum bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sanan, salah satu cara meningkatkan kunjungan berupa rebranding yang menunjang untuk peningkatan brand image kampung wisata Sanan.

Kampung wisata Sanan ini belum banyak didatangi pengunjung. Untuk meningkatkan brand image Sanan, diperlukan beberapa strategi branding dan dengan media-media yang sesuai dengan kampung wisata tempe dan keripik tempe Sanan. Strategi dan media-media rebranding ini yang nantinya akan berimbas pada peningkatan jumlah wisata.

Model perancangan yang digunakan adalah procedural dengan bentuk penelitian kualitatif yaitu model yang bersifat deskriptif. Model perancangan ini menjelaskan tahapan yang dilalui dalam proses perancangan media dan rebranding. Tahapan tersebut meliputi kegiatan identifikasi masalah, analisis data, sintesa serta pengumpulan data, perencanaan media, perencanaan kreatif, konsep kreatif perancangan, tata desain dan desain final, dan konsep untuk rebranding berupa doktrin brandstrategy.

Rebranding ini menghasilkan media utama berupa tagline, logo, maskot, dan film dokumenter beserta media pelengkap seperti T-shirt, dan mug, maupun media launching seperti poster, CD case dan x-banner.

Media ini diharapkan menjadi media promosi yang efektif untuk meningkatkan brand image kampung wisata kuliner Sanan Malang dan kunjungan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.