SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Strategi Visual “Jejamuran” Agrowisata Tulungrejo Sebagai Upaya Penguatan Positioning Desa Wisata

DWI AJENG WAHYUNINGTYAS

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuningtyas, Dwi Ajeng. 2017. Perancangan Strategi Visual “Jejamuran” Agrowisata Tulungrejo Sebagai Upaya Penguatan Positioning Desa Wisata. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I). Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc, Ph.D, (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn

 

Kata Kunci: Promosi, Jamur Tiram, Tulungrejo, Pariwisata, Desa wisata.

 

Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karateristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Salah satu desa yang dikukuh menjadi desa wisata adalah desa Tulungrejo. Desa Tulungrejo salah satu penghasil apel terbanyak di kota Batu, selain itu sudah dijadikan destinasi wisata petik apel. Di desa Tulungrejo juga merupakan penghasil jamur Tiram terbanyak dibandingkan di desa lain. Melihat kondisi tersebut di desa Tulungrejo memiliki potensi wisata edukasi tentang budidaya jamur Tiram. Salah satunya dengan memperkenalkan potensi tersebut dengan kegiatan promosi dan branding agar menunjang peningkatan kunjungan wisatawan.

Di desa Tulungrejo belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, untuk memperkenalkan desa wisata Jamur diperlukan beberapa strategi promosi dan branding dengan media yang sesuai dengan desa wisata Jamur. Strategi promosi dan branding ini nantinya akan berimbas pada eksistensi desa wisata Tulungrejo yang memiliki potensi budidaya jamur Tiram.

Model perancangan yang digunakan adalah procedural dengan bentuk penelitian kualitatif yaitu model yang bersifat deskriptif. Model perancangan ini menjelaskan tahapan yang dilalui dalam proses perancangan media promosi dan branding. Tahapan tersebut meliputi kegiatan identifikasi masalah, analisis data, sintesa serta pengumpulan data, perencanaan media, perencanaan kreatif, konsep kreatif perancangan, tata desain dan desain final.

Pada kegiatan perancangan media promosi dan branding menghasilkan media yaitu logo, tagline dan katalog. Serta media promosi berupa poster, x- benner, billboard. Selain itu ada pula rancangan 3D toko untuk souvenir dan dapur untuk menunjang fasilitas desa wisata.

Media ini diharapkan menjadi media promosi yang efektif untuk meningkatkan daya kunjung wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Serta membangun citra positif bagi desa wisata Jamur di desa Tulungrejo.