SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Eksperimen Perancangan Komik Menggunakan Teknik Digital Imaging Dengan Gaya Semi Realistik

sendy pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Permasalahan bagi seseorang yang ingin menjadi komikus sering kali adalah kesulitan dalam membuat ilustrasi komik yang layak. Banyak orang yang ingin membuat komik namun terhalang oleh kemampuan menggambar yang terbatas. Berbagai alasan tersebut telah mendorong komikus untuk menciptakan sebuah teknik pembuatan komik yang inovatif. Dalam membuat komik tidak ada sebuah teknik yang dianggap paling benar. Semua itu kembali kepada keadaan dan kemampuan masing-masing komikus saat menciptakan sebuah karya. Menciptakan sebuah komik dengan teknik digital imaging dari kumpulan foto merupakan salah satu teknik pembuatan komik yang inovatif. Cara ini sangat dimungkinkan mengingat kemajuan teknologi fotografi yang ada saat ini. Pembuatan komik dengan teknik digital imaging tentunya juga perlu didukung dengan software-software grafis yang telah banyak tersedia. Tentunya hal ini dapat menjadi solusi dari keterbatasan kemampuan menggambar seseorang jika ingin membuat sebuah komik.

Perancangan ini menggunakan jenis perancangan deskriptif prosedural untuk menjawab tujuan penelitian. Jawaban tersebut ditunjukkan lewat sebuah produk komik yang dibuat dengan bantuan teknik digital imaging. Penullis mengumpulkan beberapa teori tentang digital imaging dan juga melakukan observasi untuk memilih lokasi pengambilan foto untuk bahan pembuatan komik. Setelah semua data terkumpul dan diambil kesimpulan, dilanjutkan dengan proses pengambilan foto. Lalu dilakukan proses layout dan modifikasi. Setelah itu dilakukan proses pembuatan lineart, coloring dan terakhir adalah lettering.

 

Dari proses perancangan ini diperoleh bahwa pembuatan komik dengan bantuan teknik digital imaging sangat memungkinkan. Cara ini dapat dijadikan salah satu alternatif untuk membuat komik, terutama bagi orang-orang yang ingin membuat komik namun terhalang kemampuan menggambar. Proses pembuatan komik dengan bantuan teknik digital imaging masih memiliki potensi untuk berkembang untuk kedepannya.