SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN VISUALISASI SERAT KALATIDHA KARYA RANGGAWARSITA MELALUI MEDIA BUKU BERBASIS ILUSTRASI

Ananda Adhi Citra

Abstrak


ABSTRAK

 

Citra, Ananda Adhi. 2017. Perancangan Visualisasi Serat Kalatidha Melalui Media Buku Berbasis Ilustrasi. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni Dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarjono, M.Sn. (II) Hartono, S.Sn., M.Sn.

 

Kata Kunci: Perancangan Visual, Serat Kalatidha, Ilustrasi.

 

‘Serat Kalatidha’ salah satu karya pujangga Kraton Surakarta, Raden Ngabei Ranggawarsita. ‘Serat Kalatidha’ merupakan salah satu karya yang melegenda dan dikenal banyak orang. Keberadaan R.Ng. Ranggawarsita dalam kesastraan Jawa merupakan sosok yang tetap abadi dan dikenang oleh banyak orang. Berbagai kelebihannya, khususnya dalam menulis sastra Jawa sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Beberapa karya beliau terus dibaca dan dikaji oleh banyak orang untuk keperluan berbagai hal. Karyanya yang berjudul ‘Serat Kalatidha’ mampu memberikan spirit bagi pembacanya hingga saat ini.

‘Serat Kalatidha’ mencakup nasehat berupa pesan moral dan religi dalam menghadapi ‘jaman edan’. Secara garis besar, pesan yang tersirat dalam karya tersebut adalah untuk tetap bersandar kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan mengikuti takdir yang telah digariskan. Karya sastra Jawa memiliki nilai atau pesan yang dapat berdampak positif bagi masyarakat namun banyak buku yang membahas hal serupa berupa buku teks. Berdasarkan atas permasalahan ini, dirancanglah sebuah media buku yang menarik, tidak menjenuhkan, dengan ilustrasi, desain, dan permainan warna pastel, dengan tujuan memberikan tampilan yang segar sehingga memikat untuk dibaca sehingga pesan yang terkandung dalam ‘Serat Kalatidha’ dapat sampai kepada pembaca.

Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural bersifat deskriptif dari Bapak Sumarwahyudi, yang telah disesuaikan dengan perancangan media. Pengumpulan data untuk menentukan media utama dilakukan dengan observasi langsung pada toko buku dan sumber pustaka lainnya. Data mengenai isi ‘Serat Kalatidha’ dilakukan dengan cara studi pustaka pada perpustakaan serta terjemahannya pada berbagai buku yang memuat ‘Serat Kalatidha’ dan Kamus Bahasa Jawa. Perancangan buku ini bisa sebagai media pendidikan tentang karya pujangga R. Ng. Ranggawarsita yang berdasarkan atas pesan yang terkandung di dalam karya-karya beliau.