SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor Daya Tarik Eclipse Sebagai Salah Satu Endorser Shampo Clear Dalam Trailer Eclipse Bebas Putih-Putih Pada Media Online Youtube

R FAHMIRZA RASYID HERMAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Hermawan,      R. Fahmirza Rasyid. 2017. Faktor Daya Tarik Eclipse Sebagai Salah Satu Endorser Shampo Clear Dalam Trailer Eclipse Bebas Putih-Putih Pada Media Online Youtube. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra,  Universitas  Negeri  Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd., (II) Heppy Jundan Hendrawan, S.Sn, M.Ds.

 

 

Kata Kunci: analisis, daya tarik endorser, Clear Eclipse Bebas Putih-putih.

 

Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi daya tarik penonton pada bintang iklan atau endorser (studi kasus pada iklan Clear-Eclipse Bebas Putih-putih yang di publish oleh tim Eclipse Youtuber indonesia).  Penulis menggunakan teori 4 indikator variabel yaitu (V-C-P-A) (V) Visibilty Popularitas Selebriti, (C) Credibility Kredibilitas Selebriti, (P) Power Kekuatan (Ciri khas Selebriti), (A) Attraction Daya Pikat Selebriti.

 

Metode dalam Penulisan ini adalah  online  survei, dengan jenis Penulisan kuantitatif yang menggunakan uji analisis deskriptif (sebab populasi viewers youtube dapat meningkat tak terbatas pada setiap waktu). Responden yang terlibat dalam Penulisan ini sebanyak 100 responden, metode yang digunakan adalah Nonprobability Sampling Method yaitu Purposive Sampling (pengambilan secara random atau acak karena lokasi uji tidak diketahui). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner online.

 

Hasil kesimpulan dari Penulisan ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi daya tarik paling kuat adalah variabel (A) Attraction (Daya Pikat Selebriti) dengan nilai rata-rata tertinggi sebesar 3,94. Faktor ini terbentuk karena adanya pernyataan yang kuat dari salah satu kuisioner variabel (A) Attraction pada pernyataan nomor 1 yang memperoleh rata-rata (Mean) tertinggi sebesar 4,29 (Kategori Sangat Tinggi) dengan responden sebanyak 34 orang atau 44,7% menjawab Sangat Setuju.