SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Raden Inten II Karya Musik Gamolan Lampung

Alexander Eko Purnomo

Abstrak


ABSTRAK

 

Raden Inten II merupakan seorang pahlawan sebelum kebangkitan nasional dari Provinsi Lampung. Raden Inten II lahir pada tahun 1834, pada tahun 1850, Raden Inten dinobatkan sebagai raja di kerajaan Ratu di daerah Lampung pada usia 16 tahun. Raden Inten II mempunyai gelar Kesuma Ratu, dan masih keturunan Fatahillah, salah satu sunan wali songo yang dikenal sebagai Sunan Gunung Jati dari perkawinannya dengan Putri Sinar Alam, yaitu seorang putri dari Minak Raja Jalan Ratu dari ke Ratuan Pugung, cikal-bakal pemegang kekuasaan dikerajaan tersebut.

Skripsi karya ini dilaksankan dengan tujuan (1) Menciptakan dan mendeskripsikan karya musik yang diberi judul “Raden Inten II” yang bersumber pada alat musik gamolan yang dijadikan bentuk musik fussion dengan teori ilmu musik moderen. (2) Menyajikan karya musik “Raden Intan” dengan menggunakan alat musik tradisional gamolan dengan iringan alat musik moderen dikemas ke dalam bentuk musik fussion.

Metode atau langkah-langkah yang digunakan dalam penciptaan karya musik ini adalah menggunakan musik ilustrasi, bahwa karya musik ini menggambarkan tentang perjuangan Raden Inten II melawan Belanda. Bentuk karya musik Raden Inten II menggunakan bentuk musik fussion.

Hasil dari karya musik musik “Raden Inten” ini adalah : (1) konsep karya : ide awal karya ini berdasarkan kurangnya minat generasi muda yang kurang berminat berkarya seni dengan menggunakan ide atau tema tentang nasionalisme. (2) Bentuk penyajian : menggunakan panggung indoor, pertunjukan berdurasi 16 menit, menggunakan busana adat Sumatra.

 

Penciptaan karya musik ini diharapkan menjadi motivasi dan acuan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik dan seniman-seniman diseluruh Indonesia.