SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TARI REMO SUTINAH MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM UNTUK SISWA KELAS VII D DI SMP NEGERI 2 TENGGARANG BONDOWOSO

Rina Wahyu Ningtiyas

Abstrak


ABSTRAK

Ningtiyas, Rina Wahyu. 2017. Media Pembelajaran Video Tari Remo Sutinah Menggunakan Aplikasi Instagram untuk siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Tenggarang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Endang Wara Suprihatin Diah Pratamawati, M.Pd (II) Ika Wahyu Widyawati, S.Pd, M.Pd

Kata Kunci: media video pembelajaran, tari Remo Sutinah, aplikasi instagram

            Pendidikan memiliki dua unsur penting yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Pada pembelajaran tersebut tentu membutuhkan media pembelajaran yang efektif untuk mendukung hasil belajar siswa. Jenis media elektronik yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran, salah satu contohnya adalah media pembelajaran berbasis audio visual. Saat ini, pemutaran audio visual dapat menggunakan alat komunikasi seperti handphone yang terdapat variasi aplikasi yang mendukung untuk pemutaran video yaitu aplikasi instagram. Sehingga aplikasi instagram dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif serta dapat digunakan kapanpun dan dimanapun pengguna inginkan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran berupa video pembelajaran yang menggunakan aplikasi instagram.

            Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R&D oleh Borg and Gall (Sugiyono, 2010:298) yang telah dimodifikasi terdiri dari (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) pengembangan format produk awal, (4) desain produk, (5) validasi produk I, (6) revisi produk I, (7) uji coba kelompok kecil, (8) uji coba kelompok besar, (9) validasi produk II, (10) revisi produk akhir (11) proses upload materi ke aplikasi instagram. Instument  pengumpulan data berupa angket validasi pada ahli materi, ahli pembelajaran, ahli media, audiens yang terbagi dalam kelompok kecil dan kelompok besar, serta tes uji coba hasil belajar/hasil uji coba lapangan.

            Hasil validasi I oleh ahli materi memperoleh presentase rata-rata 75%, ahli pembelajaran memperoleh presentase rata-rata 77,5%, ahli media memperoleh persentase rata-rata 83%, validasi kelompok kecil 90%, validasi kelompok besar 85,3%, dan hasil test belajar siswa menunjukkan 75,3% siswa telah memenuhi KKM (≥70), validasi II oleh ahli materi 90%, ahli pembelajaran 97,5%, ahli media 96,4%. Disimpulkan bahwa media pembelajaran ini memberikan efek positif dalam meningkatkan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran Seni Budaya materi seni tari (Tari Remo Sutinah).

            Dengan adanya penelitian pengembangan media pembelajaran video tari Remo Sutinah menggunakan aplikasi instagram, diharapkan kepada peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi yang memiliki durasi lebih dari 1 menit agar tujuan dari pembuatan media dapat tersampaikan dengan jelas dan mudah dipahami oleh calon pengguna.