SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

"INGATLAH" PENCIPTAAN KARYA MUSIK BERNUANSA DAKWAH

Candra Bangun Setyawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Dakwah merupakan suatu ajakan untuk berbuat kebaikan dan melarang perbuatan mungkar yang dilarang oleh Allah SWT agar manusia mendapatkan kebahagian di dunia ataupun akhirat. Penciptaan karya musik ini adalah membuat sebuah karya musik yang digunakan sebagai dakwah, karena seni merupakan media yang cukup memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan, makna maupun cerita.

Skripsi karya ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Mengahasilkan karya cipta musik yang diberi judul “Ingatlah” yang bisa digunakan sebagai dakwah. (2) Mempresentasikan bentuk penciptaan karya musik “Ingatlah”

Metode yang digunakan dalam penciptaan karya ini melalui beberapa tahapan seperti eksplorasi bunyi, eksplorasi tangga nada dan eksplorasi bentuk komposisi musik. Konsep dalam karya musik ini menggunakan musik program, bahwa karya musik ini memiliki makna dan pesan tentang mengingat Allah SWT dan kematian. Sedangkan dari segi bentuk musik karya musik “Ingatlah” ini meggunakan dua bentuk komposisi musik yang berbeda. Sehingga dalam judul karya musik “Ingatlah” terdapat dua part yaitu Ingallah part 1 dan karya musik Ingatlah part 2. Ingatlah part 1 pada dasarnya mengesplorasi bentuk musik Polifoni, sedangkan pada Ingatlah part 2 menggunakan bentuk musik Atonal. Ingatlah part 1 memiliki pesan tentang pentingnya mengingat Allah SWT dan Ingatlah part 2 memiliki pesan tentang kematian, pada dasarnya inti dari kedua makna tersebut adalah ingin mengajak untuk selalu mengingat Allah SWT.

Hasil dari penciptaan karya musik “Ingatlah” ini adalah : (1) Konsep karya : ide awal karya ini adalah berdasarkan fenomena seniman, mahasiswa seni dan musisi yang kurang berminat berkarya seni dengan menggunakan ide tentang agama. Tema yang diambil adalah agama, judul karya Ingatlah. (2) Bentuk penyajian : Menggunakan panggung indoor, pertunjukan berdurasi 20 menit, menggunakan busana Islami.

 

Penciptaan karya musik ini diharapakan menjadi acuan dan motivasi bagi mahasiswa Progam Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Konsentrasi musik dalam mengambil matakuliah skripsi atau tugas akhir untuk menciptakan karya musik yang berkualitas, orisinil dan dapat dipertanggung jawabkan.