SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Estetika Karya Pemenang Lomba Fotografi National Geographic

Kukuh Paku Muslim

Abstrak


ABSTRAK

 

National Geographic merupakan yayasan terkenal karena hasil fotografinya yang baik dan indah. Foto yang baik tidak hanya berasal dari peralatan yang mahal, tetapi juga begantung dari rasa seni/estetik fotografer dan kondisi alam. Penelitian ini mengarah pada penerapan estetik, ada beberapa cara untuk mengahsilkan foto yang baik. Salah satunya dengan menerapkan prinsip dasar tatarupa serta teori golden ratio dan fibonacci.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan prinsip tatarupa, teori golden ratio dan fibonacci pada karya para pemenang lomba fotografi National Geographic.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah instrument manusia, yaitu peneliti sendiri. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Pengecekan keabsahan temuan, dilakukan triangulasi penyidik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 98% hasil karya fotografi lomba National Geographic telah menerapkan estetika fotografi. Adapun kesimpulan hasil penelitian ini sesuai dengan penerapan prinsip tata rupa, teori golden ratio, dan fibonacci: 1) Foto ke-1 sampai ke-5 telah menerapkan irama; 2) pada prinsip kesatuan, semua foto menggunakan kesatuan dengan pendekatan berupa kemiripan, keterkaitan, keterikatan dan kesamaan; 3) dominasi yang digunakan pada kelima foto National Geographic adalah dominasi kelainan, keunggulan, kontras berselisih, kontras ekstrim; 4) seluruh foto menggunakan prinsip keseimbangan, berupa keseimbangan asimetri, sederajat, memancar, dan simetri; 5) ditemukan penerapan proporsi ideal dan penyangatan; 6) prinsip kesederhanaan telah diterapkan kecuali pada karya Kethleen; 7) kejelasan telah diterapkan pada seluruh karya foto; 8) point of interest pada kelima karya telah diterapkan; 9) golden ratio yang diterapkan adalah rule of thirds, rectangle, triangle, dan spiral; dan 10) teori Fibonacci telah diterapkan dengan sangat baik pada kelima karya tersebut. Dari setiap indikator telah diterapkan berbagai macam jenis sub indikator yang ada. Dari semua penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa foto para pemenang lomba National Geographic kategori Travelling Photography merupakan karya foto yang baik dan indah. 

 

Beberapa saran dari peniliti sebagai berikut, (1) untuk para fotografer hendaknya memperhatikan indikator yang telah dibahas oleh peneliti dan menjadikannya sebagai refrensi sebelum melakukan eksekusi pemotretan, sehingga dapat membantu memperindah tampilan visual foto (2) peneliti lain agar menjadikan penelitian ini sebagai refrensi dan melengkapi jika perlu.