SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

LATIHAN LEMPAR TANGKAP BOLA PADA ANAK TUNADAKSA CEREBRAL PALSY TIPE DYSKENESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAKAN KOORDINASI MATA-TANGAN

Ari Wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: tunadaksa cerebral palsy tipedyskenesia, lempartangkap, koordinasigerak.

Cerebral Palsy tipe Dyskenesia pada umumnya ditandai dengan tidak adanya kontrol dan koordinasi gerak.Lebih lanjut dijelaskancerebral palsy dyskenesia merupakan gabungan dari hypertonia dan hypotonia yang berhubungan pada gerakan diluar kendali. Orang yang mengalami cerebral palsy dyskenesia memiliki masalah pada posisi tubuh untuk duduk dan berjalan, dan sering menunjukan gerakan diluar kendali.Kerusakan terjadi pada extra pyramidal motor system atau pyramidal tract sampai ke ganglia basa.Kondisitersebutmembuatanaksulitmengendalikangerakankoordinasi.Penelitianinimengguanakanjenispenelitiantindakanolahragadenganmenggunakan model permaiananlempartangkap bola.

Desainpenelitianinimengguanakansingle sampel research (SSR), model desainmenggunakan A-Bdansatuanukurmenggunakanskor. Subjekpenelitianadalahanakcerebral palsy tipedyskinesia di YPAC Kota Malang. Analisis yang digunakanadalahanalisis visual dalamkondisidananalisis visual antarkondisi.

Hasilpenelitianmenunjukanadanayapengaruhpermainanlempartangkap bola terhadappeningkatankoordinasigerak.Skorpadakondisi baseline = 0% sedangkanpadakondisi 57,1% danpersentaseoverlap = 0% secarakeseluruhanpeningkatankemampuankoordinasigerakmata-tanganmendapatpersentase = 0,5% dari 100%.

 

Dengankondisitersebutmakasangatjelasbahwaanakcerebral palsy tipedyskinesia sangatkesulitanmengendalikangerakansecaraefektifterutamagerakankoordinasi. Dengandilakukanyapenelitianinidanhasil yang telahdiperoleh, diharapkananaktersebutdapatmengendalikangerakan-gerakan yang munculsecaratiba-tibadenganefektif.Sangatsulitbagianak yang mengalamicerebral palsy tipedyeskenesiauntukmelakukanaktivitassehari-harikarenagangguangerakan yang dialmisehinggasangatperluuntukmenguayakanpembinaanfisikbagianaktersebut.