SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Buku Cerita Bergambar “Arya Wiraraja dan Lamajang Tigang Juru” Sebagai Media Informasi Sejarah Kota Lumajang.

Samsi Ismail Hasan

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasan, Ismail Samsi. 2017. Perancangan Buku Cerita Bergambar “Arya Wiraraja dan Lamajang Tigang Juru” Sebagai Media Informasi Sejarah Kota Lumajang. Skripsi.Desain Komunikasi Visual. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd, (II) Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, M.T

 

 

Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Media Informasi, Sejarah Lumajang

 

Perancangan buku cerita bergambar yang berjudul “Arya Wiraraja dan Lamajang Tigang Juru” bertujuan untuk membuat suatu media informasi tentang sejarah lokal Lumajang, khususnya untuk masyarakat Lumajang. Selain itu, buku cerita bergambar ini dirancang untuk menambah sumber pustaka yang menceritakan tentang awal mula berdirinya Lumajang. Hal ini dikarenakan masih kurangnya sumber sejarah tentang Lumajang yang tersedia baik dalam bentuk buku, artikel, maupun sumber pustaka lainnya. Kurangnya sumber pustaka membuat masyarakat Lumajang kurang mengetahui sejarah berdirinya kota Lumajang. Maka dari itu, perancang perlu membuat sumber pustaka berupa buku cerita bergambar ini.

Metode penelitian atau perancangan yang digunakan oleh perancang merupakan adaptasi dari metode perancangan Sanyoto (2006). Dalam proses perancanga, perancang membuat konsep perancangan berupa media utama dan media pendukung. Pada konsep perancangan media utama, perancang melakukan visualiasi yang disesuaikan dengan alur naskah cerita. Pada konsep media pendukung, perancang membuat beberapa desain produk yang dapat digunakan sebagai alat untuk mempromosikan media utama.

Hasil dari perancangan ini yaitu media utama dan media pendukung. Media utama yang dihasilkan berupa buku cerita bergambar yang berjudul “Arya Wiraraja dan Lamajang Tigang Juru”. Media pendukung yang dihasilkan berupa enam produk yaitu, stiker, poster, kaos, pin, mug, dan x-banner.