SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Gambar Ilustrasi pada Mata Pelajaran Seni Budaya kelas VIII di SMPN 1 Kejayan Pasuruan

Nikmatul Islamiati

Abstrak


ABSTRAK

Islamiati, Ni’matul. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Materi Gambar Ilustrasi pada Mata Pelajaran Seni Budaya kelas VIII SMPN 1 Kejayan. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Didiek Rahmanadji, (II) Joko Samodra, S.Kom.

 

Kata Kunci : Media pembelajaran, video animasi, gambar ilustrasi

Media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna. Berdasarkan definisi tersebut, media pembelajaran memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Dalam mate pelajaran seni budaya khususnya pada materi gambar ilustrasi, media pembelajaran memiliki peranan sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang dulunya hanya menggunakan modul, LKS dan buku siswa menjadi media pembelajaran berbasis video animasi. s

Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian Borg and Gall yaitu (1) Analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal. (4) validasi ahli, (5) revisi produk I, (6) uji kelompok kecil, (7) Revisi produk akhir, (8) Implementasi. Produk akhir di uji kelayakkannya oleh dua orang ahli, satu ahli media dan satu ahli materi dan 23 orang sebagai subjek uji coba kelompok kecil yakni para siswa kelas VIII SMPN 1 Kejayan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, uji validasi dan uji coba lapangan. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa kuissioner dan angket yang kemudian dianalisis dan dikonversi dengan tabel kriteria kelayakan.

Hasil dari validasi para ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi untuk materi gambar ilustrasi pada mata pelajaran seni budaya ini layak digunakan dan  masuk dalam kategori valid (77%). Dari validasi ahli materi masuk dalam  kategori sangat valid dan sangat layak digunakan (89,28%). Selain uji validasi, uji lapangan yang dilakukan di SMPN 1 Kejayan juga memperoleh hasil positif yaitu dengan masuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak digunakan (93,5%).

Pengembangan ini telah menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi untuk amteri gambar ilustrasi pada mata pelajaran seni budaya kelas VIII SMPN 1 Kejayan dengan spesifikasi sebagai beruikut : (1) menggunakan software Adobe After Effect CS3, (2) isi produk : materi gambar ilustrasi, pengertian, macam-macam, corak, langkah-langkah dan teknik dalam menggambar ilustrasi, (3) teknik computerized, (4) type produk video animasi, (5) visualisasi tampilan animasi fullcolour, (6) menggunakan bahasa Indonesia, dan (7) dikemas dalam bentuk CD (digital).

Berdasarkan hasil pengembangan disarankan bagi pengembang produk yang sama agar dapat dilakukan uji coba secara berulang dengan skala lebih besar agar didapatkan media pembelajaran yang lebih menarik dan optimal.