SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Buku Bergambar Tentang Tarian Tradisional Jawa Timur Sebagai Pengenalan Budaya Indonesia

Kurnia Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Kebudayaan Indonesia sedikit demi sedikit mulai terlupakan oleh masyarakat Indonesia bahkan beberapa kebudayaan asli Indonesia diklaim oleh negara tetangga. Tarian tradisional mulai tergeser oleh tarian modern. Hal ini karena rasa ingin tahu untuk mempelajari dan melestarikan kebudayaan sendiri masih sangat rendah dan minat baca buku berkurang. Indonesia mempunyai banyak sekali tari-tarian daerah yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Tarian tradisional merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam. Tarian tradisional setiap daerah tersebut mempunyai ciri-ciri dan mempunyai ke-khususan masing-masing. Buku bergambar mengenai tarian tradisional Jawa Timur ini menghasilkan media dan desain yang menarik dan dapat diterima oleh seluruh kalangan sekaligus dapat menambah wawasan tentang tarian tradisional Indonesia yang saat ini masih banyak yang kurang mengenal terutama untuk generasi muda.

Model perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural. Metode perancangan dimulai dengan metode pengumpulan data, metode analisis data, metode konsep perancangan, dan metode visualisasi meliputi thumbnail, rough layout, comprehensive layout, dan ready for press. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan pustaka.

Proses identifikasi target audience yang meliputi data geografis, demografis, psikografis, dan behavioristis. Analisa data menggunakan teknik deskriptif (menjabarkan atau menggambarkan bagaimana hasil akhir atau kesimpulan data yang diperoleh). Dengan menganalisa data akan diperoleh analisa tema untuk menjawab kebutuhan materi-materi dan pemilihan media yang tepat serta merumuskan media yang cocok dan informatif.

Hasil dari perancangan ini berupa buku bergambar dengan format full colour dan full image berbasis 2 dimensi dan dengan penggunaan tipografi, ilustrasi, dan warna yang menarik untuk memperkuat media buku tersebut sehingga dapat disukai oleh target audience. Dan untuk media pendukung promosi, media yang dibuat dalam bentuk Poster, X-Banner, Brosur, Sticker, dan Merchandise.

 

Saran yang dapat diberikan adalah hendaknya menjaga kesinambungan desain dari bentuk karakter dan warna, sehingga keseluruhan desain merupakan satu kesatuan.