SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan City Profile Objek Wisata Kota Pontianak Berbasis Fotografi

Dimas Rizki Ramadhan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kota Pontianak dikenal dengan sebutan kota Khatulistiwa. Hal ini ditandai dengan keberadaan Tugu Khatulistiwa yang memiliki keistimewaan dimana garis Khatulistiwa hanya melewati 13 Negara di dunia salah satunya adalah Pontianak, Kalimantan Barat. Namun kebanyakan wisatawan hanya mengenal objek wisata di Kota Pontianak hanya sebatas Tugu Khatulistiwa sedangkan masih banyak objek-objek wisata yang berpotensi di Kota Pontianak. Salah satunya peninggalan bersejarah dari pendiri Kota Pontianak yaitu Sultan Syarif Abdurrahman yang berupa Masjid Jami’ Sultan Syarif Abdurrahman dan Keraton Kadriyah. Selain itu, adanya beberapa objek baru dan bangunan lama yang telah direnovasi seperti Rumah Betang Radakng, Masjid Mujahidin dan Gereja Katedral Santo Yoseph bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Festival budaya juga sering diselenggarakan setiap tahun, seperti Festival Meriam Karbit dan Perayaan Cap Go Meh. Minimnya informasi serta belum adanya media komunikasi visual yang membahas secara mendalam mengenai sejarah dan keberadaan beberapa objek wisata tersebut berimbas pada minimnya wisatawan yang berkunjung. Maka perlu kiranya diciptakan media komunikasi visual berupa buku esai fotografi yang memiliki kekuatan dalam memvisualisasikan sesuatu lebih kongkrit dan akurat sehingga tujuan perancangan dapat tercapai.

Model perancangan yang digunakan adalah procedural dengan bentuk penelitian kualitatif yaitu model yang bersifat deskriptif. Model perancangan ini menjelaskan tahapan yang dilalui dalam proses perancangan media komunikasi visual. Tahapan tersebut meliputi kegiatan identifikasi masalah, analisis data, sintesa serta pengumpulan data, perencanaan media, perencanaan kreatif, konsep kreatif perancangan tata desain dan desain final.

 

Perancangan ini menghasilkan media utama berupa buku esai fotografi yang berjudul “Pontianak Kota Bersinar” beserta media pelengkap seperti T-shirt, peta perjalanan, maupun media launching seperti poster dan x-banner. Buku ini diharapkan menjadi media komunikasi visual yang efektif untuk mempengaruhi target audience untuk turut serta menjaga dan melestarikan sejarah maupun cagar budaya seperti objek wisata maupun budaya di Kota Pontianak.