SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Komik Digital Tentang Pelestarian Fauna di Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar

Fahmi Assiddiqi

Abstrak


ABSTRAK

 

Assiddiqi, Fahmi. 2017. Perancangan Komik Digital Tentang Pelestarian Fauna di Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Moch. Abdul Rohman, S.Sn., M.Sn.

 

Kata Kunci: Pelestarian Fauna, Komik, Anak Sekolah Dasar

 

Keberadaan fauna di Indonesia semakin hari semakin berkurang, langkanya spesies hewan yang disebabkan perilaku manusia ini adalah dampak buruk bagi kelestarian alam. Pada era modern seperti saat ini masih banyak segelintir manusia yang kurang menjaga kelestarian alam dan bahkan merusak lingkungan seperti menebang pohon sembarangan, merusak ekosistem hutan, memburu binatang-binatang langka, membuang sampah sembarangan, membuat lahan pertanian di hutan. Orang-orang yang melakukan tindakan-tindakan tidak bertanggung jawab seperti itu tidak mengerti apa akibat dari perbuatan mereka. Mereka hanya mementingkan keuntungan bagi diri mereka sendiri. Saat ini di kota-kota besar bahkan di daerah terpencil masih banyak perusahaan-perusahaan yang mendirikan sebuah pabrik industri yang membuang limbahnya ke sungai, yang secara langsung dapat merusak ekosistem sungai tersebut.

Berangkat dari permasalah tersebut maka dibutuhkan suatu pemaparan tentang pengetahuan tentang pelestarian fauna yang mudah dimengerti dan dipahami oleh anak sekolah dasar. Komik berbasis digital merupakan media yang cukup diminati karena telah didukung dengan visualisasi 2D. Penggunaan ilustrasi dan warna diharapkan mampu menarik minat belajar anak - anak, sehingga pesan yang disampaikan mudah diterima. Media komik ini dapat digunakan sebagai media alternatif untuk menumbuhkan kembali kesadaran manusia, ini seperti halnya film dokumenter yang menceritakan betapa pentingnya menjaga alam  dengan memasukkan nilai-nilai kemanusiaan didalamnya sebagai pendekatan dalam bentuk budaya. Selain itu komik juga termasuk buku yang bisa dibaca kapan saja dan tidak lekang oleh waktu.

Komik mengenai pelestarian fauna sangat cocok untuk menambah wawasan betapa pentingnya menjaga dan melestarikan fauna. Anak sekolah dasar cenderung memiliki sifat yang mudah bosan. Mengajarkan pengetahuan tentang pelestarian fauna pada anak dibutuhkan suatu inovasi atau sesuatu yang menarik minat belajar anak tentang pelestarian fauna. Hal tersebut dapat dimulai dari pentingnya menjaga kelestarian fauna serta masalah ekologi saat ini seperti menebang pohon sembarangan, merusak ekosistem hutan, pembakaran liar, polusi udara, memburu binatang-binatang langka, dan membuang sampah sembarangan merupakan perbuatan yang sangat merugikan lingkungan hidup, diri sendiri, dan orang lain.