SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

REDESAIN KEMASAN JENANG MIRAH PONOROGO SEBAGAI UPAYA REPOSITIONING MENJADI IKON KULINER KABUPATEN PONOROGO

Muhammad Ivan Febriansyah

Abstrak


ABSTRAK

Febriansyah, Muhammad Ivan 2017. Redesain Kemasan Jenang Mirah Ponorogo sebagai upaya Repositioning menjadi Ikon Kuliner Kabupaten Ponorogo.Skripsi. Jurusan Seni Dan Desain. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarjono, M.Sn (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn

Kunci : Redesain kemasan, RepositioningIkon kuliner, Kabupaten Ponorogo

‘Mirah’ merupakan home industry di Kabupaten Ponorogo yang bergerak dibidang makanan tradisional yaitu jenang. ‘Mirah’ merupakan salah satu industri jenang yang sudah cukup lama berdiri dan menjadi salah satu produk oleh-oleh unggulan Kabupaten Ponorogo. Namun sampai saat ini kemasan yang digunakan masih sederhana dan kurang menarik. Melihat permasalahan ini jenang ‘Mirah’ memerlukan redesain kemasan yang baru sehingga nantinya layak menjadi satu ikon kuliner Kabupaten Ponorogo.

Redesain kemasan yang akan dirancang disesuaikan dengan kebutuhan dan mengacu pada teori desain kemasan, unsur-unsur desain kemasan, fungsi desain kemasan, dan aspek-aspek yang berkaitan erat dengan desain kemasan.

Metode yang digunakan untuk merancang desain kemasan dengan menggunakan motode perancangan prosedural atau dapat disebut juga dengan perancangan diskriptif. Melalui proses pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis sebagai langkah awal memvisualisasikan hasil desain berupa konsep desain yang akan digunakan dalam merancangan desain kemasan. Tahap selanjutnya setelah konsep desain telah tersusun ialah dengan memvisualisasikan hasil desain sampai pada desain final yang telah siap untuk diaplikasikan. Dengan redesain kemasan jenang ‘Mirah’ ini diharapkan produk jenang ‘Mirah’ dapat menjadi salah satu ikon kuliner Kabupaten Ponorogo.