SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Bermain Musik Ansambel Sederhana Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Kelas VII-G di SMP Negeri 1 Waru

Nikita Dwisari

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwisari, Nikita. 2017. Meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam bermain musik ansambel sederhana melalui metode tutor sebaya pada kelas VII-G di SMP Negeri 1 Waru. Skripsi, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. HJ. EW. Suprihatin Dyah P, M.Pd.

 

Kata kunci : Hasil Belajar, Ansambel Sederhana, Tutor Sebaya.

 

            Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Seni Budaya bidang studi Seni Musik kelas VII-G SMP Negeri 1Waru, diketahui bahwa hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran seni musik berada di bawah KKM. Peserta didik merasa bosan dalam pembelajaran Seni Budaya sub bidang seni musik karena guru  hanya menerapkan metode tanya jawab, diskusi dan demonstrasi sehinggaa peserta didik kurang focus terhadap materi yang disampaikan. Dari hasil penilaian tugas peserta didik yang belum memenuhi KKM (75) sebanyak 14 peserta didik dengan prosentase 38,8% sedangkan penilaian praktik sebanyak 17 peserta didik dengan prosentase 47,2%.

Penelitian ini dilaksanakan  dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar bermain musik ansambel sederhana pada peserta didik kelas VII-G SMP Negeri Waru melalui penerapan Metode tutor sebaya.

Penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian berjumlah 36 peserta didik. Pelaksanaannya dilakukan dalam 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dalam 6 kali pertemuan, dengan pembagian 3 kali siklus I dan 3 kali siklus II. Analisis data diperoleh dari catatan harian, hasil wawancara, dan lembar penilaian. Prosedur penelitian meliputi 4 tahap yaitu (1) Perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3)observasi (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi,dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai di atas KKM (75) dalam bermain musik ansambel sederhana sejumlah 28 peserta didik dengan prosentase 77,7%, dan peserta didik yang mencapai nilai dibawah KKM (75) sejumlah 8 peserta didik dengan prosentase 22,3%. Oleh karena itu, dilakukan siklus II. Pada siklus II peserta didik yang mencapai nilai di atas KKM (75) dalam bermain musik ansambel sederhana sejumlah 34 peserta didik dengan prosentase 94,4%, dan peserta didik yang mencapai nilai dibawah KKM (75) sejumlah 2 peserta didik dengan prosentase 5,6%.

            Kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatakan kualitas hasil belajar peserta didik hingga mencapai 94,4% Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru dapat menggunakan metode tutor sebaya dalam memainkan musik ansambel sederhana sebagai salah satu alternatif metode yang dapat digunakan pada setiap pembelajaran Seni Budaya sub bidang seni musik di semua kelas VII.