SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Metamorfosis Kupu - kupu sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Seni Lukis Representasional gaya Dekoratif

Nurman Ifanakun

Abstrak


ABSTRAK

 

Ifanakun, Nurman. 2017. Metamorfosis Kupu-kupu sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Seni Lukis Representasional gaya Dekoratif. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universita Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Triyono Widodo, M.Sn.

 

Kata Kunci: Metamorfosis, Kupu-kupu, Karya lukis,Representatif,

 

DekoratifSeni merupakan ekspresi jiwa dan proses kreatif dari manusia yang dituangkan ke dalam suatu media. Seni memiliki keindahan sesuai tingkat kreatifitas dan pengalaman estetik dari manusia itu sendiri.Metamorfosis adalah proses pertumbuhan fisik atau biologis hewan yang mempengaruhi bentuk dan struktur tubuhnya. Kupu-kupumerupakanseranggayang tergolong ke dalam ordoLepidoptera, atau serangga bersayap sisik. Seperti serangga lainnya, perkembangbiakan kupu-kupu mengikuti daur hidup/siklus tertentu, mulai dari bentuk awal, yakni telur, ulat, kepompong hingga akhirnya menjadi kupu-kupu.Berdasarkan inilah pencipta memiliki ide untuk mengengkat proses metamorfosis kupu-kupu dalam karya seni lukis. pengambilan tema dan alasan yang mendasari penciptaan karya seni lukis ini ialah untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat agar tau bahwa yang buruk masih bisa menjadi baik seperti halnya ulat menjadi kupu-kupu. Jika manusia mau berusaha untuk merubah diri pasti bisa berubah kearah yang terbaik.

Tujuan penulisan penciptaan karya seni lukis ini adalah untukmendiskripsikan proses, teknik dan visualisasi penciptaan karya seni lukis gaya dekoratif yang terinspirasi dari proses metamorfosis kupu-kupu.Penciptaan karya seni lukis ini menggunakan gaya dekoratif dengan tema keunikan proses metamorfosis sempurna kupu-kupu, ide metamorfosis kupu-kupu, dan objek dari proses metamorfosis berurutan mulai dari telur, ulat,kepompong hingga menjadi kupu-kupu, backgroundberpola geometris dan warna dominan cerah dan terang. Teknik yang digunakan yaitu teknik blok dan teknik sungging.Penciptaan karya seni lukis ini terdiri dari beberapa prosedur penciptaan, diantaranya: menentukan objek dan tema yang akan dituangkan pada lukisan, menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan selama proses penciptaan, mulai melakukan sket pada kanvas, melakukan pewarnaan, dan melakukan pendetailan pada objek.

Hasil dari penciptaan karya lukis ini adalah visualisasi objek metamorfosis kupu-kupu mulai dari telur, ulat, kepompong hingga kupu-kupu. Dalam penciptaan karya lukis ini menampilkan enam karya lukis yang masing-masing berjudul Bermula, Berjalan, Berbenah 1, Berbenah 2, Bangkit dan Terlahir kembali.Pada penciptaan karya seni lukis dengan tema proses metamorfosis kupu-kupu ini pencipta berharap dapat menghasilkan karya yang orisinil dan dapat menyampaikan ide/gagasan yang pencipta miliki. Karya-karya yang pencipta buat merupakan hasil kreatif yang menggunakan beberapa teknik dalam pengerjaannya.