SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Penunjang Hobi Menggambar Ilustrasi untuk Remaja

Bayu Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho, Bayu. 2017. Pengembangan Buku Penunjang Hobi Menggambar Ilustrasi untuk Remaja. Skripsi, Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd, (II) Ike Ratnawati, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Buku Penunjang, Gambar Ilustrasi, Hobi, Remaja.

 

Banyak penghobi menggambar yang kurang mendapatkan pengetahuan mengenai ilustrasi baik dari teori-teori maupun langkah-langkah bekarya ilustrasi dengan baik.  Di sekolahpun pengajaran ilustrasi pada mata pelajaran Seni Budaya materinya sangat terbatas dan waktunya yang singkat, apalagi banyak guru yang kurang mengajarkan dengan rinci mengenai ilustrasi dan langkah-langkah mengambarnya. Buku yang digunakan dalam pembelajaran yang beredar dipasaranpun dirasakan kurang lengkap materinya sehingga kurang membantu guru dalam menerangkan materi ilustrasi. Media selain buku seperti video juga kurang praktis karena membutuhkan peralatan lain seperti PC atau smartphone yang telah memiliki aplikasi pemutar video. Selain itu radiasi dari PC dan smartphone tidak baik baik kesehatan. Oleh karena itu dibutuhkan media yang tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan dan praktis dalam arti tidak membutuhkan peralatan atau aplikasi lain untuk menggunakannya.

Pengembangan buku penunjang hobi menggambar ilustrasi ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa buku  penunjang yang dapat membimbing penghobi menggambar dalam mempelajari materi ilustrasi yang dapat juga dijadikan buku pegangan guru dalam melakukan pembelajaran. Penelitian dan Pengembangan ini menghasilkan produk buku penunjang hobi menggambar ilustrasi yang ditujukan bagi remaja dan dapat pula digunakan oleh guru Seni Budaya sebagai buku pegangan guru dalam mengajarkan ilustrasi di sekolah. Model Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model prosedural, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Sedangkan prosedur pengembangan yang dipakai dalam penelitian dan pengembangan ini adalah prosedur Borg & Gall. Prosedur pengembangan Borg & Gall buku meliputi tahap mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, pengembangan produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba lapangan dan revisi dari uji coba lapangan.

Produk akhir buku penunjang hobi menggambar ilustrasi memperoleh presentase dari ahli media dengan kategori baik (88,9%), dari ahli materi juga dengan kategori baik (87,2%), dan mendapat presentase yang positif dari uji coba lapangan yaitu dengan kategori baik (91,2%). Dengan demikian, buku penunjang gambar ilustasi utuk remaja ini layak digunakan oleh penghobi mengambar dan guru Seni Budaya sebagai bahan ajar mandiri dan dalam proses pembelajaran (bagi guru).