SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Aminullah Pada Grup Band Ru+Sak Di Kota Probolinggo Periode 2011-2016

Gusti Muhammad Chaidir Aly

Abstrak


ABSTRAK

 

Aly, Gusti Muhammad Chaidir.2017. PeranAminullahPadaGrup Band Ru+Sak Di Kota ProbolinggoPeriode 2011-2016.Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dra.Hj. E.W. Suprihatin Dyah P, M.Pd (II) Hartono, S.Sn, M.Sn

 

Kata kunci :Peran Aminullah, GrupBand Ru+Sak , Kota Probolinggo, Periode 2011-2016

Di kota Probolinggo, terdapat sebuah grup band fenomenal yang bernama Ru+Sak. Band ini terbentuk pada tahun 2011.Ru+Sak band adalah singkatan dari kata RumahSakit. Filosofi band ini terbentuk karena sebagian personil band ini adalah karyawan Rumah Sakit Dr. Moh. Saleh kota Probolinggo. Band ini bergenre Dangdut Mix yang memadukan music dangdut dengan music pop, rock, blues, jazz, dan reggae. Keunikan grup ini memiliki tema yang berkaitan dengan medis pada judul lagunya : Suntik Cinta, UGD (Untung Gue Dapet), Bius (Biasa Usilin) aku, Obat Galau, 3x Sehari, Resep Cinta, dan Sakit Hati Ini. Dengan keunikan tersebut, pada tahun 2016 grup band ini menjadi topik di beberapa media sosial. Dibalik kesuksesan dari grup band ini, terdapat seseorang yang berperan penting yang membawa grup band ini menjadi dikenal oleh masyarakat, yaitu Aminullah.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Aminullah pada grup band Ru+Sak di kota Probolinggo periode 2011-2016.

Metode penelitian kualitatifdenganpendekatandeskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Hasil penelitian ini pada periode 2011-2012 Aminullah berperan sebagai pemimpin sekaligus pendiri band. Aminullah berperan sebagai pemain keyboard sekaligus arranger pada aransemen lagu Syahdu (Rhoma Irama) dan lagu Suci Dalam Debu (Iklim). Periode 2013 Aminullah berperan sebagai public speaking, pemain keyboard, dan composer lagu Obat Galau. Periode 2014-2016 Aminullah berperan mengembangkan band untuk entertainmen dan industry musik. Aminullah juga berperan sebagai pemain keyboard dan composer lagu Suntik Cinta.

 

Maka dapat disimpulkan bahwa peran Aminullah pada grup band Ru+Sak di kota Probolinggo disajikan dalam tiga periode. Periode 2011-2012, periode 2013, dan periode 2014-2016. Aminullah sebagai pendiri, pemimpin, pemain keyboard, arranger, dan komposer memberikan kontribusi dalam keberhasilan grup Ru+Sak band. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran untuk peneliti lain adalah melakukan penelitian tentang karya music Aminullah pada Ru+Sak band, dan bentuk music Ru+Sak band agar masyarakat luas lebih mengenal tentang Ru+Sak band.