SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN KATALOG PRODUK WIFISEN SOUVENIR UNTUK MEMPERLUAS SEGMENTASI PEMASARAN

AJI SETIAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Wifisen souvenir sebagai salah satu brandberdiri sejak 2015 yang mempunyai souvenir wisuda yang unik yakni bisa berpendar dalam gelap dan karakter yang merepresentasi wisudawan. Wifisen souvenir mempunyai segmentasi pasar baru di Taman kanak-kanak namun media promosi digunakan belum efektif. Berdasarkan latar belakang tersebut, perlu adanya perancangan media promosi.

Data perancangan diperoleh dari kajian lapangan menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Observasi dilakukan di Jalan Untung Sudiro no.18 Kota Malang sedangkan wawancara dilakukan oleh founder dan manager Wifisen Souvenir terkait media promosi yang digunakan selama merintis hingga mengembangan produk tersebut. Sementara studi dokumentasi dilakukan untuk menilik perjalanan pengembangan WifisenSouvenir sehingga berdasarkan kajian data ini bisa memperoleh media promosi yang sesuai dan efektif untuk Wifisensouvenir.

Hasil kajian lapangan yang dilakukan bahwa Wifisensouvenir mempunyai kelebihan produk dibanding souvenir lain, peluang usaha atas pencampaian dalam pekan kreatifitas mahasiswa nasional dan strategi penjualan menggunakan reseller (orang yang membantu menjualkan produk Wifisensouvenir). Namun reseller tersebut kesulitan menjelaskan dengan lengkap produk, harga lengkap, diskon maupun testimoni produk. Perancangan ini dilakukan dengan tujuan membuat media promosi yang efektif sehingga media katalog menjadi solusi atas permasalahan media yang kurang efektif dalam promosi WifisenSouvenir.

 

Perancangan media promosi berupa katalog memuat informasi lengkap mengenai produk sehingga baik marketing dan reseller mampu menjelaskan secara jelas kepada calon konsumen produk Wifisensouvenir. Pembuatan katalog yang dimulai dari proses sketsa, comprehensive layout dan final layout. Selain itu, dengan tujuan untuk mengefektifkan media promosi yang digunakan sebelumnya, mengembangkan brosur, poster, banner, dan booklet.