SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS GAMBAR ILUSTRASI PADA BUKU PELAJARAN SENI BUDAYA KURIKULUM 2013 UNTUK SMP KELAS VIII TERBITAN ERLANGGA TAHUN 2014

nastiti larasati

Abstrak


ABSTRAK

 

Larasati, Nastiti. 2017. Analisis Gambar Ilustrasi Pada Buku Pelajaran Seni Budaya Kurikulum  2013 Untuk SMP Kelas VIII Terbitan Erlangga Tahun 2014. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Lilik Indrawati, M.Pd, (II) Ike Ratnawati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci : gambar ilustrasi, buku pelajaran, analisa, seni budaya

Kualitas gambar ilustrasi pada buku pelajaran seni budaya secara fungsional akan  mempengaruhi pemahaman, proses belajar dan mempengaruhi perspektif anak dalam memaknai materi. Pada Buku pelajaran seni budaya kelas VIII SMP kurikulum 2013 terbitan Erlangga tahun 2014 masih ada beberapa gambar ilustrasi yang kurang sesuai dengan keterangan gambar dan teks. Karena itulah, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui secara rinci visualisasi gambar ilustrasi dan kesesuaian gambar ilustrasi dengan keterangan gambar dan teks pada buku pelajaran seni budaya kelas VIII SMP kurikulum 2013 terbitan Erlangga tahun 2014.

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskripsi. Objek penelitian ini difokuskan pada gambar ilustrasi yang terdapat di buku pelajaran seni budaya kelas VIII SMP kurikulum 2013 terbitan Erlangga tahun 2014 bab seni rupa. Sumber data utama didapatkan menggunakan teknik Pusposive Sampling sehingga didapatkan 22 gambar ilustrasi yang diasumsikan bermasalah. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, analisa dokumen dan analisa teori. Keabsahan data menggunakan metode Triangulasi sumber. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu (1) tahap persiapan, (2) tahap penyusunan rancangan penelitian; (3) Tahap pelaksanaan penelitian; (4) Analisis data dan (5) tahap pelaporan.

 

Kesimpulan dari hasil penelitian adalah terdapat 2 gambar ilustrasi jenis bitmap, 11 jenis sketsa, 4 jenis kartun, 1 gambar jenis karikatur, 5 jenis fotografi. Selain itu terdapat 1 gambar menggunakan teknik siluet, 1 teknik half tone, 5 teknik goresan kering, 6 teknik arsir, 3 gambar teknik outline, 2 gambar teknik block dan 5 teknik fotografi. 22 gambar ilustrasi yang kurang sesuai dengan keterangan gambar (caption) dan teks yang menyertainya. Ketidaksesuaiaan tersebut berasal dari visualisasi gambar ilustrasi itu sendiri dan juga berasal dari keterangan gambar (caption) yang kurang tepat. 15 gambar ilustrasi termasuk dalam ketidaktepatan gambar ilustrasi dan 7 gambar ilustrasi yang termasuk dalam ketidaktepatan keterangan gambar dan gambar ilustrasi. Menurut pendapat Rahmanadji & Harisman (1990: 04) bahwa gambar ilustrasi harus bersifat menarik, tepat kena sasaran, jelas, komunikatif dan sesuai dengan pembaca. Dilengkapi dengan pendapat menurut Supriyono (2010: 170) kriteria gambar ilustrasi yang efektif adalah komunikatif, informatif dan mudah dipahami, menggugah perasaan dan hasrat, memiliki daya pukau yang kuat serta foto dan gambarnya berkualitas baik.