SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keragaman Etnik Dayak sebagai Sumber Inspirasi dalam Penciptaan Seni Lukis Dekoratif

Eka Diana Permai

Abstrak


ABSTRAK

 

Permai, Eka Diana. 2017. Keragaman Etnik Dayak sebagai Sumber Inspirasi dalam Penciptaan Seni Lukis Dekoratif. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Triyono Widodo, M.Sn, (2) Ike Ratnawati, S.Pd.,M.Pd.

 

Kata Kunci: Etnik Dayak, sumber inspirasi, penciptaan, seni lukis dekoratif

Dayak adalah komunitas heterogen yang terdiri dari banyak etnis (suku) atau multietnis. Etnik Dayak terbagi dalam berpuluh-puluh suku bangsa, dan dari berpuluh-puluh suku bangsa terbagi lagi dalam beratus-ratus anak suku, dimana tiap-tiap suku memiliki bahasa, upacara adat dan tradisi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Kondisi keberagaman etnik seperti yang telah dijelaskan diatas, dapat memberikan pengaruh terhadap kehidupan bermasyarakat. Salah satu pengaruh negatifnya adalah potensi kemunculan konflik antar etnik. Pengaruh negatif tersebut tidak hanya dapat terjadi di dalam etnik Dayak, akan tetapi juga dapat terjadi antar etnik Dayak dengan etnik lain. Hal ini juga didukung dengan adanya citra negatif terhadap etnik Dayak. Oleh karena itu, pencipta melakukan penciptaan karya seni lukis dekoratif sebagai upaya untuk menumbuhkan sikap saling menghargai antar etnik serta upaya menghilangkan citra negatif terhadap etnik Dayak.Keberagaman etnik Dayak dipilih sebagai sumber inspirasi dalam penciptaan karya seni lukis dekoratif ini. Pada penciptaan ini mengambil tema dari kearifan budaya masyarakat etnik Dayak Kenyah terhadap alam.

Dalam penciptaan karya seni lukis dekoratif ini pencipta menggunakan metode yang bermula dari perancangan konsep yang didalamnya terdapat ide atau gagasan, tema, dan objek yang akan diciptakan yaitu objek semi abstrak/ representasional.Setelah itumenentukan karakteristik karya, kemudian menentukan teknik serta alat dan bahan yang akan digunakan. Jika semuanya sudah terpenuhi untuk langkah selanjutnya adalah proses visualisasi yaitu membuat sketsa diatas kertas lalu memindahkannya di atas hardboard. Kemudian proses pewarnaan dengan menggunakan berbagai macam teknik yaitu teknik plakat, teknik cukil, serta teknik suntik. Setelah itu proses detail karya untuk penegasan cahaya gelap terang serta bentuk dan yang terakhir adalah proses melapisi karya dengan pelapis cat transparan.

 

Penciptamenampilkan 6 karya seni lukis dekoratifyang berjudul Borneo #1, Borneo #2, Sumpit, Dayak Baby Carrier, Kancet Ledo Dance, dan Warior dengan media estetik berupa titik, garis, bentuk dan ruang, warna, serta tekstur sebagai simbolisasi dari konsep.Menggunakan karakteristik karya yang terlihat dari penggunaan media hardboard dan teknik plakat, teknik cungkil serta teknik suntik yang memiliki perbedaan dengan karya lukis lainnya.Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada pencipta maupun orang lain dalam mempelajari karya seni lukis dekoratif bertema etnik Dayak sehingga diharapkan dapat menambah wawasan kepada masyarakat tentang sisi positif masyarakat etnik Dayak, serta diharapkan dapat menghilangkan citra negatif terhadap etnik Dayak.