SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU AJAR FOTOGRAFI LANDSCAPE AND NATURE BERBASIS NIRMANA UNTUK PEMULA

Mohammad Ahsanol Arifin

Abstrak


ABSTRAK

 

Arifin, M. A. 2016. Pengembangan Buku Ajar Fotografi Landscapeand NatureBerbasis Nirmana untuk Pemula. Skripsi, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Moeljadi Pranata, M. Pd.

 

Kata Kunci: buku, fotografi, landscape, nature, nirmana

Berbagai keterampilan fotografi dapat dikembangkan melalui proses belajar dan pembelajaran. Dalam konteks tersebut bahan ajar buku menduduki posisi yang penting. Saat ini bahan ajar untuk fotografer pemula belum banyak yang menerapkan prinsip-prinsip desain dasar (nirmana). Bertolak dari latar belakang tersebut, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar fotografi tentang landscape dan nature yang berbasiskan pada prinsip-prinsip nirmana (desain dasar).

Pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall yang dimodifikasi. Prosedur pengembangannya terdiri atas enam langkah antara lain: 1)penelitian dan pengumpulan data; 2) perencanaan draf produk; 3) pengembangan draf buku dan validasi ahli; 4) uji coba kelompok kecil; 5) revisi produk hasil uji kelompok kecil; 6) hasil produk. Jenis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif dari validator ahli dan dari responden saat uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam mengambil data kuantitatif berupa angket yang diisi oleh para validator, sedangkan instrumen untuk mengambil data kualitatif berupa kritik dan saran dari para validator dalam bentuk tertulis.

Hasil penelitian pengembangan ini sebagai berikut: 1) Penilaian kuantitatif dari uji ahli bahan ajar memiliki rerata 94,44% yang meliputi penilaian pada ukuran buku, penyajian, daya tarik, bentuk dan ukuran font, tipografi, dan bahasa.. Bahan ajar valid dan layak dipakai dalam kegiatan belajar namun pada penilaian kualitatif ada sedikit revisi yang harus dilakukan; 2) Penilaian kuantitatif dari uji ahli materi reratanya 88,64% yang meliputi penilaian pada lay-out buku, isi buku, dan penyajian foto. Angka tersebut menunjukkan materi valid dan layak dipakai dalam kegiatan belajar namun pada penilaian kualitatif validator menyarankan untuk berhati-hati saat mencetak buku; 3) Penilaian kuantitatif dari responden reratanya 91,25%. Penilaian tersebut mencakup daya tarik dan keefektifan buku.Angka 91.25% menunjukkan bahwa produk layak untuk dijadikan bahan ajar namun saran dari responden, masih perlu sedikit aspek tambahan seperti penambahan data exif pada foto yang ditampilkan agar produk menjadi sempurna.

Disarankan agar dilakukan penelitian keefektifan bahan ajar ini dengan menggunakan desain eksperimental.