SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN BATIKPADA MATA PELAJARANSENI BUDAYA DI KELAS VIII A SMPN 1 BARAT KABUPATEN MAGETAN

Martantia Dewi Mayangsari

Abstrak


ABSTRAK

 

Oleh

Martantia Dewi Mayangsari, Ponimin, Ike Ratnawati

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang 65145

E-mail: Martantia.sari.20@gmail.com

ABSTRAK:SMPN 1 Barat menerapkan pembelajaran membatik tidak hanya mempelajari teori, namun praktik membuat batik secara langsung, sehingga siswa mempunyai keterampilan membatik. Siswa juga diajak guru untuk mengenal batik khas daerah Kabupaten Magetan yaitu Batik Pring Sedapur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) persiapan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) hasil pembelajaran batik di kelas VIII A SMPN 1 Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah pembelajaran batik yang dilakukan di kelas VIII A SMPN 1 Barat. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa: (1) persiapan pembelajaran yang dibuat guru sudah baik yaitu membuat RPP secara lengkap dan sistematis, silabus, dan media pembelajaran batik. (2) pelaksanaan pembelajaran batik oleh guru sudah baik. Kegiatan pendahuluan yang dilakukan meliputi salam, doa, orientasi, persepsi, motivasi dan pemberian acuan. Kegiatan inti meliputi eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.(3) hasil pembelajaran meliputi kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil belajar kognitif mampu menambah wawasan siswa secara teori mengenai batik. Hasil belajar afektif pada pembelajaran batik aspek kreativitas membuat desain mampu menumbuhkan kreativitas ide, aspek mencanting pada pembelajaran batik lukis menumbuhkan ketelatenan, aspek pewarnaan mampu membentuk kepekaan estetiknya, aspek penilaian finishing atau hasil akhir karya menumbuhkan keterampilan siswa mengolah karya. Hasil belajar psikomotor pada aspek kreativitas desain, mencanting, pewarnaan, dan hasil akhir menumbuhkan keterampilan tangan dalam berkreasi menghasilkan karya.                    

 

Kata kunci: Pembelajaran batik, matapelajaran Seni Budaya.

ABSTRAK

 

Batik learning activity in SMPN 1 Barat not only learned about theory, but also there is a practiceto make batik directly in order to increase student ability. The teacheralso asked student to know more about the peculiar batik especially in Kabupaten Magetan, named batik PringSedapur.The aims of this researchare described into: 1) learning preparations, 2) learning implementation, 3) the result of batik learning at second grade A class SMPN 1 Barat. This research adopts qualitative descriptive approach. Batik learning is the object of the research which was implemented at secondgrade A class SMPN 1 Barat.Data assembling were gathered from observation, interview, documentation, and field scripts. The analysis was implemented in descriptive by reducing data, presenting data, and determining the conclusion.The results of this research show that: (1) the teacher has been already made some learning preparations such as RPP completely and systematically, also syllabus, and learning media in the appropriate way.(2)the learning implementation has been done properly as well. The introduction activity consists of exploration, elaboration, and conformation.(3) learning results consist of cognitive, affective, and psychomotor assessment outcome. Kognitive study result has been able to decrease students’ insight about batik theoritically. Affective study result has been able to increase the creativity of idea in desain making of creativity aspect of batik learning, create the sensivity of students’ aesthethics in coloring aspect, and increase students’ skills to process their works in finishing assessment (attainment) aspect. Psychomotor study result has been able to increase hand skill in design cretivity, painting by using “canting”, and attainment aspects while students created their works.

 

 

Key words:Batik learning, Culture and the arts subject.