SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Ragam Hias Madura Kelas VII E Di SMP 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso

Erika Mufidatul Rahman Idris

Abstrak


ABSTRAK

 

Permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran Seni Budaya kelas VII E di SMP Negeri 1 Prajekan adalah hasil belajar yang kurang memuaskan, dengan nilai dibawah rata-rata (KKM 70). Penyebab dari permasalahan ini adalah peserta didik belum mampu menggambar bentuk dan motif ragam hias dengan komposisi dan proporsi yang tepat. Peserta didik cenderung membuat bentuk motif yang monoton atau sama, dan belum dapat mengkombinasikan warna dengan teknik pewarnaan yang baik. Selain itu, peserta didik tidak disiplin saat pengumpulan karya. Oleh sebab itu, dengan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggambar ragam hias Madura dengan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)pada kelas VII E di SMP Negeri1 Prajekan.

Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII E SMPN 1 Prajekan yang berjumlah 33 anak.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes praktek dan dokumentasi. Data hasil belajar diperoleh dari nilai proses berkarya peserta didik dan tes praktek yang akan mengukur hasil karya peserta didik. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.

 

Berdasarkan hasil observasi, tes praktek dan dokumentasi pada penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)telah terjadi peningkatan hasil belajar menggambar ragam hias Madura. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari 2 penilaian yaitu proses berkarya dan hasil karya. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rekapitulasi proses berkarya dan hasil karya adalah 71 dengan kategori baik. Terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas 80 dengan kategori baik. Peningkatan hasil belajar pada siklus I terdapat28 anak tuntas dan pada siklus II 33 anak tuntas dalam hasil pembelajaran. Dengan demikian penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.