SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran dasar Fotografi Sebagai Pendukung Pembelajaran Ekstrakurikuler Jurnalistik Di SMPN 3 Malang

Rudi Hartono

Abstrak


ABSTRAK

 

Hartono, Rudi. 2017. Pembelajaran Dasar Fotografi Sebagai Pendukung Pembelajaran Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMP Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Triyono Widodo M.Sn.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Dasar Fotografi, Ekstrakurikuler  Jurnalistik.

Pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik yang ada di SMP Negeri 3 Malang tergolong cukup baik. Hal tersebut didasarkan pada rata-rata nilai siswa yang telah lulus standar ketuntasan minimal.

Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimana perencanaan pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik di SMP Negeri 3 Malang, (2) bagaimana proses kegiatan pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik di SMP Negeri 3 Malang, (3) bagaimana proses evaluasi kegiatan pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik di SMP Negeri 3 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa data kualitatif berwujud catatan lapangan mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dasar fotografi. Data perencanaan diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen. Data mengenai pelaksanaan pembelajaran diperoleh melalui observasi. Data mengenai penilaian pembelajaran diperoleh melaluiobservasi dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia atau peneliti sendiri. Instrumen seperti pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedomanstudidokumen dijadikan instrumen pendukung.

 

Hasil penelitian pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik di SMP Negeri 3 Malang adalah sebagaiberikut. (1) Pembina menyusun sendiri rencana kerja dalam melaksanakan pembelajaran dasar fotografi.(2) Pelaksanaan pembelajaran dasar fotografi dilaksanakan dalam dua pertemuan. Pelaksanaan pembelajaran di kelas dan diluar kelas sesuai program kerja ekstrakurikuler. Pertemuan pertama, ditujukan untuk memberikan materi secara menyeluruh mengenai dasar fotografi. Kegiatan pendahuluan dilakukan pembina dengan apersepsi. Kegiatan inti pembina memberikan contoh komponen kamera dan beberapa contoh karya fotografi. Pertemuan kedua, pembina melakukan pembelajaran di luar kelas, pembina membimbing siswa untuk berkarya fotografi dengan berbagai komposisi dalam fotografi. (3) Penilaian pembelajaran dasar fotografi hanya mencakup penilaian hasil, sedangkan penilaian proses tidak dilakukan oleh pembina. Penilaian hasil diperoleh melalui hasil siswa berkarya fotografi di luar kelas.