SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA TENTANG MENGGAMBAR 2 MATRA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMK

syarifuddin hidayat

Abstrak


ABSTRAK

 

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA TENTANG MENGGAMBAR 2 MATRA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMK

Syarifuddin Hidayat, Moeljadi Pranata, Mitra Istiar Wardhana

Jurusan Seni dan Desain, FS, Universitas Negeri Malang

E-mail: syarifuddinhidayat30@gmail.com

Tujuan pengembangan media secara umum adalah menghasilkan media pembelajaran untuk kompetensi menggambar 2 matra dengan menggunakan Adobe Flash CS6. Model penelitian yang digunakan adalah model Five D oleh Moeljadi Pranata (2012) yaitu (1) define, (2) data, (3) design, (4) develop, dan (5) disseminate. Produk final diuji kelayakannya oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi dan 20 orang subjek uji coba kelompok kecil yakni siswa kelas XII SMK Yadika Bangil. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa kuisioner dengan jenis angket yang hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik persentase yang kemudian dikonversikan dengan tabel kriteria kelayakan. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan ini sangat layak digunakan untuk kegiatan untuk belajar mengajar di kelas dengan rerata 83%. Dari validasi ahli materi dihasilkan rerata 90%. Selain uji validasi, uji coba lapangan juga menunjukan hasil positif dengan persentase 93.25 % yang artinya masuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak untuk digunakan.

 

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, multimedia, menggambar 2 matra.

ABSTRAK

 

The purpose of media development in general is to produce instructional media for competency draw two dimensions using Adobe Flash CS6. The research model used is a model of Five D by Moeljadi Institution (2012): (1) define, (2) the data, (3) design, (4) develop, and (5) disseminate. Final product tested for feasibility by two experts and two experts media content and 20 subjects small group trial which students of class XII SMK Yadika Bangil. The procedure of collecting data in this study using instruments like questionnaire to the type of questionnaire results are analyzed by using percentage which is then converted to the eligibility criteria table. Media expert validation results show that the developed learning media is very fit for use for activities for teaching and learning in the classroom with a mean of 83%. Validation of subject matter experts produced an average of 90%. In addition to validation testing, field trials also showed positive results with the percentage of 93.25%, which means in the category very valid and very feasible to use.

 

 

Keywords: development, learning media, multimedia, 2 dimentionals drawing.