SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

AKTIVITAS BERKARYA DAN BERPAMERAN PELUKIS RYNALDHA NUGRAHA PUTRA ASAL KOTA TUBAN

Ulil Mahiroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahiroh, Ulil. 2016.Aktivitas Berkarya dan Berpameran Pelukis Rynaldha Nugraha Putra Asal Kota Tuban. Skripsi, Program  Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Unversitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Triyono Widodo, M.Sn.

 

Kata kunci: Berkarya, Berpameran

Rynaldha merupakan salah satu pelukis yang belum dapat dikatakan sebagai seniman karena statusnya sebagai mahasiswa yang masih mencari jati diri lukisannya. Aktivitas berkaryanya menciptakan karakteristik karya yang menarik. Tidak berhenti disitu saja, Rynaldha juga melakukan pameran sebagai pertanggung jawabannya setelah berkarya.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) aktivitas berkarya Rynaldha Nugraha Putra dan (2) aktivitas berpameran Rynaldha Nugraha Putra.

Penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini yaitu Rynaldha Nugraha Putra. Tempat observasi selama masa penelitian yaitu di tempat tinggal Rynaldha Nugraha Putra dan di GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban. Analisis data yang dilakukan dengan cara pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan teknik ketekunan dan keajegan serta teknik triangulasi dengan memafaatkan teori.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan dari hasil penelitian sebagai berikut: pertama, Aktivitas berkarya menghasilkan karakteristik lukisan khas karya Rynaldha. Kedua, aktivitas berpameran Rynaldha didorong oleh dorongan intrinsik dan ekstrinsik, sedangkan pelaksanaan pameran dipersiapkan secara matang mulai dari pemilihan judul, tema, panitia dan lainnya.

 

Berikut merupakan saran yang diberikan peneliti: (1).Bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat menjadi tambahan referensi kepenulisan tentang aktivitas berkarya dan berpameran, (2).Bagi Solidaritas Perupa Muda Tuban (SPMT), penelitian ini diharapkan menjadi sebuah perwujudan dokumentasi kegiatan pameran dan nantinya bisa menjadi acuan bagi generasi muda selanjutnya,(3).Bagi pemerintah Kota Tuban, diharapkan penelitian ini dapat referensi agenda tahunan Kota Tuban sehingga bakat dan minat pemuda pemudi terhadap seni rupa dapat terealisasikan, (4).Bagi masyarakat Kota Tuban, penelitian ini diharapkan menjadi informasi berharga bagi masyarakat Kota Tuban bahwa Kota Tuban mempunyai pelukis yang berkualitas, (5).Bagi jurusan diharapkan dapat berguna sebagai salah satu bahan kajian yang nantinya dapat  digunakan oleh jurusan Seni dan Desain tentang aktivitas berkarya dan berpameran.