SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA UNTUK PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BALONGBENDO SIDOARJO

Eriska Apriliana

Abstrak


Kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif ketika terjadi respon imbal balik yang baik antara guru dan juga siswa di dalam kelas. Faktor yang dapat membantu proses belajar mengajar lebih efektif salah satunya adalah cara mengajar guru di kelas. Ketika guru menggunakan metode ceramah saja terkadang membuat siswa tidak aktif. Perlu adanya tambahan variasi mengajar untuk membantu guru menyampaikan materi pelajaran di kelas, salah satunya adalah media interaktif.

Penelitian dan pengembangan media interaktif  bertujuan untuk mengembangkan produk media interaktif materi menggambar flora, fauna, dan alam benda yang dapat mendorong siswa untuk aktif belajar di kelas.

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan model pengembangan Borg and Gallyang dimodifikasi menjadi 8 langkah, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi hasil validasi, uji coba kelompok kecil, revisi produk akhir, implementasi. Teknik pengambilan data berupa angket tertutup dan angket terbuka yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa uji coba kelompok kecil.

Produk yang telah melalui tahap validasi ahli media memperoleh persentase 87% dan 91% yang artinya media pembelajaran sudah valid dan dapat digunakan. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 82,5% dan 92,5% artinya media pembelajaran sudah valid dan dapat digunakan. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 90,5% artinya media pembelajaran sudah valid dan dapat digunakan. Melihat hasil validasi dan uji coba kelompok kecil maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif menggambar flora, fauna, dan alam benda untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Balongbendo Sidoarjo dapat digunakan.Teknik pengambilan data berupa angket tertutup dan angket terbuka yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa uji coba kelompok kecil.

Produk pengembangan media interaktif dapat digunakan membantu guru menyampaikan materi di kelas, dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar mandiri dengan menggunakan komputer. Saran untuk pengembang lain yakni lengkapi materi serta perbanyak siswa uji coba yang diambil dari beberapa kelas agar hasil lebih bervariasi, dan membuat desain media interaktif lebih menarik lagi.