SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Perancangan Film Animasi Pendek berjudul “Death” Untuk Mengedukasi Masyarakat Tentang Tujuan Hidup Manusia.

Rerica Bethary Candra Oktavianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Oktavianti, Rerica Bethary C. 2017. Perancangan Film Animasi Pendek berjudul “Death” Untuk Mengedukasi Masyarakat Tentang Tujuan Hidup Manusia. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Andy Pramono, S.Kom, M.T.

 

Kata kunci: Film Animasi, Animasi Pendek, Kematian, Surga dan Neraka

Perancangan ini dilaksanakan karena minimnya media yang membahas tentang kehidupan manusia dan eksistensi surga dan neraka serta sifat Maha Pengampun Tuhan. Selama ini media yang dipakai adalah berupa media cetak dan disampaikan dari mulut kemulut. Oleh karena itu, untuk memudahkan penyampaian eksistensi surga dan neraka dibutuhkan media baru, yaitu menggunakan film animasi. Animasi berasal dari kata to animate, yang artinya menghidupkan atau menggerakkan. Dengan kata lain animasi adalah proses pembuatan ilusi gerak menggunakan gambar. Perancangan film animasi ini berguna sebagai sarana edukasi masyarakat tentang tujuan hidup manusia yang dikemas secara menarik.

Perancangan ini menggunakan metode perancangan milik Issac Kerlow, pembuatan film animasi dibagi menjadi tiga alur yaitu alur praproduksi, produksi, dan  pascaproduksi. Dengan kedua metode ini menghasilkan data yang cukup akurat dan hasil perancangan yang didapatkan menjadi lebih menarik.

 

Hasil perancangan yang dihasilkan berupa film animasi  dua dimensi  dengan durasi  4 menit dengan format .mp4 sehingga tidak menghasilkan kapasitas yang besar dan mudah untuk disebarkan kepada masyarakat. Disamping itu, terdapat  media lain yang diciptakan sebagai media pendukung untuk menyebarkan film ini. Media ini berguna untuk melancarkan penyebaran film animasi ini. Diantaranya adalah  desain cover DVD film yang berguna sebagai sarana informasi  pada kepingan DVD yang disebarkan ke masyarakat luas. Poster dan X-banner yang berguna sebagai media yang menyebarkan informasi tentang kehadiran film ini. Perbedaan antara poster dan X-banner adalah dalam segi ukuran, poster dicetak dalam  ukuran A3, sedangkan X-banner mempunyai konstruksi menyerupai huruf X dan ukurannya adalah 60x160cm. Biasanya kedua media ini dipasang di luar atau didalam ruangan. Selanjutnya adalah sticker, media ini berguna sebagai merchandise  dalam peluncuran film ini, selain itu media ini juga dapat digunakan sebagai media promosi yang efektif. Karena setiap orang yang mengambil sticker  maka mereka juga ikut mempromosikan film ini.