SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Videoklip Band Tanimaju Dengan Judul Berdikari Sebagai Motivasi Masyarakat Untuk Berwirausaha

Muhammad Fadhil Wafy

Abstrak


ABSTRAK

 

Wafy, Muhammad Fadhil. 2015. Perancangan Videoklip Band Tanimaju Dengan Judul Berdikari Sebagai Motivasi Masyarakat Untuk Berwirausaha. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Moch. Abdul Rohman, S.Sn, M.Sn

 (II) Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn

 

Kata kunci: perancangan, videoklip, berwirausaha

Banyak masyarakat terutama pemuda di Indonesia yang masih menjadi pengangguran ketika mereka sudah lulus dari sebuah universitas, mencari kerja ke berbagai tempat. tetapi sekarang telah danyak terlihat usaha-usaha kecil mereka yang bertumbuh.

Sebagai upaya memotivasi masyarakat berwirausaha, dibutuhkan sebuah media komunikasi visual efektif. Kemudian videoklip dipilih sebagai media komunikasi visual karena media ini selain memberikan informasi juga dapat menjadi sarana hiburan pada para penontonnya. Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan videoklip dengan cerita fiksi yang dapat memberi informasi kepada para audiens tentang berwirausaha dan cara penerapannya dalam kehidupan sosial. Perancangan videoklip ini ditujukan untuk semua lapisan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia, karena Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke empat didunia terutama pemuda.

Metode yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan metode perancangan prosedural, yaitu metode yang bersifat deskriptif kualitatif. Sedangkan sistematika perancangan yang digunakan, diadaptasi dari sistematika perancangan Sadjiman Ebdi Sanyoto yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Rangkaian sistematika tersebut meliputi perumusan latar belakang masalah, identifikasi data, analisis data, sintesis yang menghasilkan konsep perancangan, dan desain final.

Perancangan ini menghasilkan sebuah videoklip Tani Maju yang berjudul “BERDIKARI” dengan spesifikasi videoklip, format video 1980x1080 pixels, dan menggunakan teknik shooting on location. Media ini dikemas dalam format DVD yang dibalut cover DVD dan packaging DVD dengan desain yang disesuaikan. Selain videoklip, perancangan ini juga menghasilkan media pendukung sebagai pendukung dan juga untuk kepentingan promosi yang berupa poster film, cd pack, t-shirt, leaflet dan stiker.

 

Perancangan videoklip “BERDIKARI” ini diharapkan dapat digunakan untuk menginspirasi masyarakat untuk berwirausaha dan kemudian menerapkan dalam kehidupan sosialnya. Perancangan videoklip ini juga dapat dijadikan sumber maupun bahan kajian perancangan lebih lanjut, sebagai tahap pengembangan dan penyempurnaan perancangan selanjutnya.