SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Website sebagai Media Promosi Kedai Batik Sekar Jati Star Jombang

Deny Dwi Hatmoko

Abstrak


Kedai Batik Sekar Jati Star Jombang merupakan sebuah Usaha Kecil Menengah yang memproduksi dan menjual berbagai macam hasil kerajinan batik khas Jombangan. Produk unggulan yang ditawarkan yaitu Batik Warna Alam. Segmen pasar mereka saat ini yaitu kalangan menengah-atas baik lokal maupun luar kota. Kedai Batik Sekarjati Star mempunyai visi untuk menjadikan Kota Jombang sebagai Kota Batik, namun kendala yang dihadapi saat ini yaitu tidak adanya media promosi efektif yang dapat digunakan untuk memperluas target audience sehingga produk batik yang mereka produksi lebih dikenal di masyarakat luas. Untuk sampai pada tujuan tersebut dirancanglah sebuah media promosi untuk memperkenalkan produk batik Kedai Batik Sekar Jati Star ke masyarakat luas. Solusinya yaitu dengan merancang media online berupa e-commerce website yang dapat memenuhi baik kebutuhan promosi serta pemasaran produk, sehingga produk-produk Kedai Batik Sekarjati Star tidak hanya dikenal secara luas namun juga memberikan pelayanan kepada para pelanggan yang sudah ada. Perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural, dengan metode yang dipakai oleh Sadjiman Ebdi Sanyoto. Tahapan yang harus dilalui berdasarkan model percangan yaitu: (a) merumuskan masalah dan tujuan perancangan, (b) mengidentifikasi, menganalisa data serta melakukan sintesis data, (c) merumuskan  konsep perancangan, baik visual maupun konten/isi dari media utama dan media pendukungnya. Hasil perancangan yaitu e-commercewebsite sebagai media utama dan media pendukung berupa katalog produk, brosur, kartu nama dan x-banner. Media promosi  Kedai Batik Sekarjati Star ini diharapkan dapat memenuhi tujuan utama yaitu untuk memperkenalkan produk ke masyarakat yang lebih luas.

Trawas.

 

Data yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa data kuantitatif deskriptif. Persentase hasil uji coba ahli media sebesar 94,5%, sedangkan uji coba ahli materi sebesar 88,4%, serta uji coba kelompok kecil sebesar 93,43%. Dengan persentase tersebut media pembelajaran berbasis motion graphic ini mendapat jumlah keseluruhan sebesar 92,11% dengan kualifikasi sangat layak digunakan.

 

Produk media pembelajaran berbasis motion graphic ini diharapkan dapat dimanfaatkan semua pihak untuk dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang lebih baik lagi.