SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PANCASILA SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN KARYA LUKIS MODERN SEMI ABSTRAK/REPRESENTASIONAL KUBISTIS

abd. Rohman Susanto

Abstrak


Pancasila merupakan ideology dasar bagi Negara Republik Indonesia, nama ini terdiri dari dua kata dari bahasa sanskerta yaitu panca yang berarti lima dansila yang mempunyai arti prinsip atau asas. Pancasila adalah rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia sehingga perlu dipertahankan dan di aktualisasikan. Ide penciptaan karya lukis ini adalah Pancasila sedangkan teman ya merupakan nilai-nilaiPancasila yang diwujudkan kedalam karya seni lukis modern semi abstrak/representasi onal kubistis. Pencipta memilih seni lukis modern semi abstrak/representasional kubistis sebagai media berkreasi untuk mengekspresikan jiwa melalui tampilan visual karyadua dimensional dengan menggunakan garis, bentuk, danwarna yang menghasilkan lukisan modern semi abstrak/representasional kubistis.

Proses penciptaan karya seni lukis modern semi abstrak/representasional kubistis ini bermula dari perancangan konsep yang di dalam nya terdapat ide, tema, danobjek yang akan diciptakan yaitu objek manusia. Setelah menentukan karakteristik karya, teknik, alat, dan bahan yang akan digunakan. Langkah selanjutnya adalah proses visualisasi yaitu membuat sketsa diatas kertas lalu memindahkan nya kedalam kanvas. Kemudian proses pewarnaan dengan menggunakan berbagai macam teknik yaitu teknik plakat, teknikblok, teknik sapuan kuas basah, dan teknik semprot. Setelah itu proses finishingkarya. Pencipta menampilkan 6 karya seni lukis modern semi abstrak/representasional kubistis dengan media estetik berupa titik, garis, bentuk, dan warna sebagai simbolisasi dari konsep. Karakteristik dari keenam lukisan yang diciptakan adalah bentuk kubus, garis yang menjulang dan melingkar serta ekspresiwajah.

Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan mampu memberikan pengalaman baru kepada pencipta maupun orang lain dalam mempelajari karya seni lukis semi abstrak/representasional kubistis. Mulai dari perancangan konsep, hingga proses visualisasi karya, dan deskripsi karya berdasarkan pengamatan pribadi penulis. Melalui keenam karya lukis ini dapat memberikan informasi berupa pesan moral bahwa dan landasan dalam membangun kehidupan dalam masyarakat Indonesia. Karya pencipta ini bias menjadi wacana dan perenungan bagi masyarakat untuk menghargai hasil karya seni lukis modern semi abstrak/representasional kubistis sehingga yang muncul nantinya memberikan suatu pandangan bahwa dalam hidup di Negara Indonesia Pancasila merupakan pedoman dan memiliki nilai-nilai luhur dan harus diaktualisasikan serta dipertahankan. Dengan mengangkat tema nilai-nilai Pancasila melalui sudut pandang pencipta, diharapkan dapat menjadi wacana bagi masyarakat agar lebih memperhatikan dan melaksanakan dan menjunjung tinggi nilai-nilaiPancasila.