SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Prosedur teknik pembuatan produk kerajinan cor kuningan “UD Budha Spesial” Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Skripsi,

MOCHAMMAD RIFA'I SYAIKHUDDIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Rifa’i Syaikhuddin, Mochammad. 2017. Prosedur teknik pembuatan produk kerajinan cor kuningan “UD Budha Spesial” Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing :Drs. A.A.G Rai Arimbawa M.Sn.

Kata Kunci : Kriya, Cor Kuningan, Mojokerto

Potensi industri kriya cor logam merupakan salah satu hasil kerajinan di Jawa Timur. Salah satunya ada di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Diantaranya adalah cor logam kuningan benda-benda kuno peninggalan sejarah dengan program pelestarian budaya. Hasil kriya cor logam masih dipengaruhi dari kerajaan Mojopahit. Tujuan dari potensi industri ini untuk program pelestarian budaya dan kegiatan pengembangan potensi di bidang ekonomi khususnya ekonomi kreatif. Pembuatan cor kuningan adalah salah satu cara untuk melestarikan warisan benda-benda kuno.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencakup proses produksi, bentuk kriya cor logam, dan pemasaran cor logam. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan kebahasaan dalam  bentuk deskripsi dan paparan data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen pengrajin cor kuningan itu sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan Trianggulasi data. Kegiatan analisis data di mulai dari tahap I Proses pra produksi, Tahap II Proses Produksi, dan Tahap III finishing.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut di peroleh hasil penelitian prosedur proses pembuatan produk kerajinan cor kuningan “ UD. Budha Spesial” Trowulan. Proses tersebut diantaranya yaitu

Pertama, tahap persiapan atau pra produksi yang diperlukan adalah alat dan bahan yang berpengaruh pada saat proses pembuatan karya kerajinan. Alat dan bahan tersebut meliputi lilin malam, tanah liat, dan bahan kuningan.

Kedua, tahap produksi, pada tahap produksi ini terdapat beberapa prosedur diantaranya adalah pembuatan model awal, finishing model, ndalani, naceli, mill, mbungkus, mbakar, ngecor, mbukaki, dan proses lanjutan.

Ketiga, tahap finishing yaitu tahap produksi akhir yang tahapannya hanya menggunakan gerinda dan las. Pada tahap ini pengrajin lebih banyak menggunakan teknik natural dan buatan. Untuk menambahkan keunikan tersendiri dapat melapisinya dengan cilbu pelindung semir, dan juga dengan menggunakan HCl (asam klorida) untuk menghasilkan efek kuno yang unik.

Perlu adanya pengembangan gaya dan bentuk kerajinan cor kuningan ‘UD. Budha Spesial” Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, sehingga produk yang dihasilkan lebih bervariasi dan unik. Produksi kerajinan cor kuningan diperlukan pengembangan desain kerajinan cor kuningan melalui eksplorasi bentuk dan motif yang memiliki nilai artistik. Perlu adanya pemanfaatan media (alat dan bahan) yang lebih bervariasi, sehingga dapat menimbulkan kesan khusus yang diperoleh sebagai efek dan penggunaan alat dan bahan yang berbeda. Dengan adanya penelitian ini dapat menjadi acuan bagi daerah Kabupaten Mojokerto agar mengembangkan pemasaran produk cor kuningan dilingkup dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga pengrajin di daerah Kabupaten Mojokerto dapat lebih berkembang.