SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN KONSEP INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PADA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TOKO EMAS BAROKAH

Rama Dhany Dwianto

Abstrak


Dwianto, Rama Dhany. 2017. Penerapan Konsep Integrated Marketing Communication pada Perancangan Media Promosi Toko Emas Barokah. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc, Ph.D.

 

Kata Kunci: Integrated Marketing Communication, Perancangan, Media promosi, Toko Emas Barokah.

Toko Emas Barokah bergerak di bidang  perdagangan (retail) jual beli logam mulia serta perhiasan emas dan memproduksi sendiri beberapa produk unggulan dengan menyediakan varian perhiasan emas cincin, gelang, kalung, giwang, dan liontin. Toko Emas Barokah selama ini hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Keterbatasan ruang di dalam media promosi untuk menyampaikan informasi dan promosi yang detail kepada masyarakat luas dirasa kurang. Oleh karena itu perlu dirancang suatu media promosi dengan penerapan konsep IMC yang implementainya diharapkan mampu memberikan solusi tepat dan menarik serta nantinya diharapkan dapat meningkatkan jumlah pendapatan.

Perancangan ini menggunakan metode prosedural yang bersifat deskriptif, yang secara garis besar dipilah menjadi tiga tahapan yaitu (a) penemuan masalah, tujuan dan konsep perancangan,(b) pengumpulan data melaui data observasi dan wawancara yang dianalisis dan (c) penjabaran konsep perancangan verbal dan visual hingga menjadi desain akhir atau visualisasi desain.

Kesimpulan dan saran hasil perancangan dari penerapan konsep IMC ini berupa media yang sesuai dan cocok dengan perilaku konsumen yang diperlukan berdasarkan target audience. Perlu juga memperhatikan manajemen waktu yang tepat agar tidak menggangu kinerja saat proses perancangan dan dapat menghasilkan sebuah perancangan yang optimal.