SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MERANCANG SENI KRIYA TEKSTIL MELALUI PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL DI KELAS VIII-E SMPN 4 TANGGUL JEMBER

Ima Rida Sari Rahayu

Abstrak


Berdasarkan hasil observasi awal, hasil belajar siswa kelas VIII-E belum memenuhi ketuntasan belajar dalam merancang seni kriya tekstil kurikulum KTSP. Demonstrasi yang dilakukan guru cukup lama dan belum maksimal hingga tahap pewarnaan. Berbeda dengan sebuah video tutorial, demonstrasi yang dilakukan video dapat dipercepat disertai dengan langkah-langkah merancang seni kriya tekstil yang dapat diputar berulang-ulang. Dengan demikian dilaksanakan penelitian dengan tujuan mendeskrepsikan upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam merancang seni kriya tekstil melalui penggunaan video tutorial di kelas VIII-E SMP Negeri 4 Tanggul Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan tindakan dua siklus, dimana pada siklus I beberapa siswa tidak mengikuti tahapan merancang yang terdapat pada video dengan baik, untuk itu pada siklus II guru menjelaskan setiap tahapan pada video agar dipahami oleh siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-E semester gasal tahun pelajaran 2016-2017 di SMPN 4 Tanggul Kabupaten Jember, dengan jumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Dianalisis melalui indikator hasil belajar merancang seni kriya tekstil meliputi corak, ide, teknik, dan pewarnaan ditinjau dari perbandingan nilai hasil belajar siklus I dan siklus II. Hasil analisis perolehan nilai hasil belajar seni kriya tekstil melalui penggunaan video tutorial ditinjau dari indikator hasil belajar merancang sesuai corak seni rupa terapan meningkat dari rata-rata siklus I sebesar 72.6 menjadi 79.2 pada siklus II, rata-rata indikator ide merancang meningkat dari rata-rata siklus I sebesar 82.75 menjadi 91.77 pada siklus II, rata-rata indikator teknik merancang meningkat dari rata-rata siklus I sebesar 80.05 menjadi 87.47 pada siklus II, rata-rata indikator pewarnaan rancangan meningkat dari rata-rata siklus I sebesar 78.75 menjadi 84.87 pada siklus II. Ketuntasan belajar siklus I sebesar 62.5% meningkat
pada siklus II sebesar 95%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dalam merancang seni kriya tekstil melalui penggunaan video tutorial di kelas VIII-E SMP Negeri 4 Tanggul Kabupaten Jember meningkat.     Atas dasar hasil penelitian tersebut disarankan bagi guru untuk menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik sesuai dengan tujuan pembelajaran, agar siswa bisa lebih kreatif dalam meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran seni kriya tekstil di sekolah.