SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

WAJAH MANUSIA SEBAGAI SUMBER INSPIRASI PENCIPTAAN KARYA SENI DIGITAL

Moh. Ihwan Hadi

Abstrak


ABSTRAK

Ihwan Hadi, Mohammad. 2016. Wajah Manusia Sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Seni Digital. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Didiek Rahmanadji, M.Pd, (II) Drs. Andi Harisman.

Kata Kunci: Wajah Manusia, Penciptaan, Seni Digital

Wajah manusia merupakan salah satu bagian dari anatomi tubuh yang paling dominan diantara bagian tubuh lainya. Dimana dalam berinteraksi antar sesama manusia, hal yang utama menjadi perhatian adalah wajahnya itu sendiri, dan wajah selain sebagai untuk mengingat atau membayangkan orang lain, wajah juga merupakan ciri khas atau sebagai identitas seseorang.

Pada penciptaan ini, penulis mengambil ide atau gagasan berkarya dari wajah manusia yaitu wajah beberapa dosen yang pernah mengajar serta membimbing dalam perkuliahan. Ide atau gagasan tersebut diwujudkan dalam karya seni digital. Seni digital dipilih oleh penulis sebagai media berkreasi dalam mengekspresikan jiwa.

Proses dalam penciptaan karya seni digital ini bermula dari perancangan konsep yang didalamnya terdapat ide atau gagasan, tema, dan objek yang akan diciptakan yaitu objek representasional. Setelah itu menentukan karakteristik karya, kemudian menentukan teknik serta alat dan bahan yang akan digunakan. Jika semuanya sudah terpenuhi untuk langkah selanjutnya adalah proses visualisasi yaitu mengolahnya dalam komputer. Setelah itu proses detail karya untuk penegasan cahaya gelap terang serta bentuk dan yang terakhir adalah mencetak karya mengunakan mesin cetak.

Penulis menampilkan 6 karya seni digital dengan media estetik berupa titik, garis, bentuk dan ruang, warna, serta tekstur sebagai simbolisasi dari konsep. Menggunakan karakteristik karya dengan bentuk-bentuk serta partikel geometris.

 

Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada pencipta maupun orang lain dalam mempelajari karya seni digital. Mulai dari perancangan konsep, hingga proses visualisasi karya, dan diskripsi karya berdasarkan sudut pandang pribadi penulis maupun sudut pandang orang lain.