SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE DRILL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KELOMPOK PADUAN SUARA SMP NEGERI 1 BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Devi ninda Sarista

Abstrak


ABSTRAK

Sarista, Devi Ninda.Penerapan Metode Drill Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Paduan Suara SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung. 2016.,Skripsi, Program StudiPendidikan Seni Tari dan Musik, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ninik Hartini, M.Sn, (II) Hartono, S.Sn., M.Sn

Kata kunci : metode drill, kegiatan ekstrakurikuler, paduan suara 

Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru adalah salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi cara belajar siswa. Proses pembelajaran tidak hanya meningkatkan potensi dalam ranah kognitif, namun juga dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi siswa pada berbagai bidang yang biasanya dimaksimalkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil observasi oleh peneliti, ekstrakurikurikuler paduan suara di SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung termasuk salah satu ekstrakurikuler yang kurang diminati sehingga pengembangan kelompok paduan suara tersebut kurang diperhatikan. Akan tetapi, jika sedang ada acara perlombaan atauevent musik, sekolah selalu menghendaki kelompok paduan suara untuk tampil dan mengikuti perlombaan. Kurangnya pengembangan terhadap kelompok paduan suara tersebut menyebabkan rendahnya prestasi yang dihasilkan sehingga ekstrakurikuler paduan suara tidak terlalu menonjol diantara ekstrakurikuler yang lain.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang diperoleh diuraikan secara deskriptif yaitu berupa kata-kata  atau kalimat. Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti mencari data dan informasi mengenai kegiatan ekstrakurikuler kelompok paduan suara SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung, kemudian memaparkan mengenai metode yang digunakan guru dalam melatih teknik vokal siswa kelompok paduan suara serta menjelaskan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler kelompok paduan suara SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Kegiatan ekstrakurikuler paduan suara dimulai dengan melakukan pemanasan atau solfegio kemudian dilanjutkan dengan latihan menggunakan metode drill untuk meningkatkan dan memperbaiki teknik vokal siswa kelompok paduan suara, (2)Penerapan metode drill mampu meningkatkan dan memperbaiki teknik vokal yang dimiliki oleh siswa, (3) Upaya peningkatan kegiatan ekstrakurikuler kelompok paduan suara SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung adalah dengan melakukan latihan rutin dan latihan tambahan, serta penggunaan metode pembelajaran yang tepat serta memberikan motivasi.

Saran yang dapat dikemukakan peneliti adalah penerapan metode drill dapat dikombinasikan dengan metode pembelajaran lain sehingga teknik vokal yang dimiliki siswa semakin meningkat yaitu teknik pernafasan ( pernafasan diafragma, pernafasan perut, dan pernafasan dada), artikulasi, sikap tubuh, ekspresi, phrasering, dan resonansi.