SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Menulis Notasi Balok Melalui Metode Selfegio Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Kediri

Yayuk Siti Rahayu

Abstrak


Siti Rahayu Yayuk.2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Notasi Balok Melalui Metode Sofegio Pada Siswa Kelas VIII-A SMP N 3 Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini, M.Sn.

Kata Kunci : Peningkatan, Kemampuan Menulis, Metode Solfegio.

Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Seni Budaya sub bidang seni musik klas VIII-A SMPN 3 Kediri diketahui bahwa siswa dalam pembelajaran seni musik kurang bisa menulis notasi balok. Siswa terlihat kurang antusias dan kurang bersemangat.tingkat kerja sama siswa dalam kelas sangat kurang hal itu dapat dilihat dari masing-masing siswa yang kurang kooperatif pembelajaran. Seni Budaya sub bidang Seni Musik karena guru  hanya menerapkan metode ceramah dan tugas. Sebanyak 28 siswa dengan prosentase 82,3% siswa masih belum memenuhi kreteria yang sudah ditentukan KKM yaitu (75).

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas atau kemampuan menulis Notasi Balok  pada siswa kelas VIII-A SMPN 3 Kediri melalui penerapan Metode Solfegio.

Penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian berjumlah 34 siswa. Pelaksanaannya dilakukan dalam 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Prosedur penelitian meliputi 4 tahap yaitu (1) Perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3)pengamatan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari 34 siswa yang mencapai nilai di atas KKM (75) sejumlah 24 siswa dengan prosentase 70,5%, dan siswa yang mencapai nilai dibawah KKM (75) sejumlah 10 siswa dengan prosentase 29,5%. Oleh karena itu, dilakukan siklus II. Pada siklus II dari 34 siswa, yang mencapai nilai di atas KKM (75) sejumlah 33 siswa dengan prosentase 97,1%, dan siswa yang mencapai nilai dibawah KKM (75) sejumlah 1 siswa dengan prosentase 2,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode selfegio, siswa meningkatkan kemampuan menulis notasi balok.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru dapat menggunakan metode solfegio sebagai salah satu alternatif metode yang dapat digunakan pada setiap pembelajaran Seni Budaya sub bidang seni musik di semua kelas VIII.