SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Komik Gendhing Gandring Dengan Tema Dark Fantasy Untuk Dewasa

Achmad Nur Hidayat

Abstrak


Komik dengan judul Gendhing Gandring ini bercerita tentang sejarah keris Mpu Gandring dan awal mula berdirinya kerajaan Tumapel atau biasa disebut Singhasari. Cerita keris Mpu Gandring yang memiliki sejarah kelam dan mengandung banyak unsur kekerasan didalamnya sangat sesuai untuk dikembangkan dengan tema Dark Fantasy untuk pembaca dewasa. Dark Fantasy Merupakan gabungan antara tema fantasy, dunia yang penuh keajaiban dan sihir, dengan elemen-elemen horror fiksi yang gelap, suram, dan menyeramkan.

Tujuan dari perancangan komik Gendhing Gandring ini adalah untuk memberikan keanekaragaman komik di industri komik Indonesia agar menambah antusias baca masyarakat terhadap komik dalam negeri dan sebagai media pembelajaran sejarah dan budaya Indonesia, khususnya cerita lokal seperti cerita Ken Arok dan awal mula berdirinya Kerajaan Tumapel atau Singhasari. Komik ini juga memberikan pesan moral tentang perjuangan dan keberanian melawan kejahatan.

Proses perancangan ini menggunakan model perancangan Prof. Drs. Yongky Safanayong yang telah diadaptasi sesuai kebutuhan perancangan Komik Gendhing Gandring ini. Dimulai dari penulisan latar belakang, rumusan masalah, tujuan perancangan, manfaat perancangan, sampai dengan ruang lingkup perancangan yang bertujuan untuk bisa memberikan gambaran tentang produk yang akan dibuat nantinya. Selanjutnya dilakukan proses identifikasi dan analisis data yang diperlukan di dalam membuat konsep produk, teknik pembuatan produk, sampai dengan media promosi yang akan digunakan untuk memasarkan produk tersebut dengan tepat.

 

Produk yang dihasilkan dari perancangan ini berupa komik berbentuk buku dengan format full colour berukuran 15 x 21cm, memiliki 44 halaman, dicetak di atas kertas art paper 150 gram untuk halaman isi dan kertas karton untuk kover. Komik ini juga memiliki media pendukung seperti sticker, kaos, tote bag, dan x-banner yang akan digunakan sebagai produk pendamping dalam pemeran komik Gendhing Gandring ini.