SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Makna simbolik barong using di desa Kemiren kecamatan Glagah kabupaten Banyuwangi

Reza Dyah Aksioma

Abstrak


ABSTRAK:

Barong using merupakan salah satu kesenian daerah Banyuwangi yang saat ini sedang diupayakan pelestariannya. Barong using merupakan kesenian yang unik dan menarik karena keindahan dari bentuk, warna dan juga nilai magis yang ada didalamnya. Barong using memiliki ciri khas yang berbeda dengan barong yang ada didaerah lain. Keseluruhan bentuk dari barong using yaitu brbentuk dasar singa, memiliki sayap yang berada pada sisi kanan dan kirinya menggunakan mahkota dan gelungan. Untuk itu dapat dikaji makna simbolik barong using dilihat dari bentuk dan warna.

 

Penelitian ini difokuskan pada tujuan: (1) Mendiskripsikan barong using dilihat dari bentuknya; (2) Mendiskripsikan barong using dilihat dari warnanya; (3) Mendiskripsikan makna simbolik barong using dilihat dari bentuk dan warnanya.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari observasi secara langsung terhadap bentuk barong using di Paguyuban Trisna Budaya di desa Kemiren kecamatan Glagah kabupaten Banyuwangi . Tehnik lainnya menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.

 

Hasil penemuan penelitian menunjukkan, (1) bentuk barong using terdiri atas satu yaitu sayap, (2) warna pada barong using yaitu kuning atau kuning emas, merah, hijau, putih dan hitam, (3) makna simbolik barong using bermakna kebersamaan.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan barong using dapat menjadi sebuah wawasan budaya Banyuwangi dan dapat dijadikan bahan pembelajaran kesenian di sekolah misalnya bahan pembelajaran gambar bentuk, warna, dan penerapannya.