SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perkembangan Bentuk Penyajian Musik Gaya Pandhalungan di Sanggar Bina Tari Bayu Kencana Kota Probolinggo

Niar Trifinansih

Abstrak


Musik gaya pandhalungan adalah musik yang berasal dari daerah Jawa Timur bagian Timur salah satunya terdapat di daerah Probolinggo. Daerah ini terkenal dengan sebutan pandhalungan yang berarti campuran Jawa dan Madura. Musik gaya pandhalungan berarti musik yang mempunyai ciri khas budaya pandhalungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perkembangan Bentuk Penyajian Musik Gaya Pandhalungan di sanggar Bina Tari Bayu Kencana kota Probolinggo.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di sanggar Bina Tari Bayu Kencana dan Gedung Kesenian kota Probolinggo. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan 2 teknik trianggulasi yaitu trianggulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian menunjukkan Perkembangan Bentuk Penyajian Musik Gaya Pandhalungan di sanggar Bina Tari Bayu Kencana kota Probolinggo memiliki keunikan yang terdiri dari instrumen, teknik dan notasi. Perkembangan bentuk penyajian musik gaya pandhalungan dimulai dari tahun 1987 sampai dengan 2016. Bentuk penyajian musik gaya pandhalungan di sanggar Bina Tari Bayu Kencana merupakan hasil kreatifitas pengrawit yang dijadikan sebagai identitas dengan bentuk berbeda.

Berdasarkan hasilpenelitian diharapkan untuk seniman agar dapat mempertahankan ke khas an dari musik gaya pandhalungan dan dapat di dokumentasikan secara baik agar dapat menjadi dokumentasi bagi kota dan pandangan tentang seni musik gaya pandhalungan bagi masyarakat.