SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Struktur Penyajian Lagu Betapa Indahnya Bersatu Karya Andriyono pada Musik Keroncong di Malang

Icha Widyastuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Widyastuti,Icha.2016. Struktur Penyajian Lagu Betapa Indahnya Bersatu Karya Andriyono pada Musik Keroncong Grup Anashyr di Malang (Kajian Struktur Penyajian). Skripsi,  Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. NinikHariniM.Sn (2) TututPristiati, S.Sn

 

Kata Kunci : Struktur Penyajian, Keroncong, Lagu Betapa Indahnya Bersatu.

 

Keroncong merupakan salah satu genr emusik yang berkembang di Indonesia. Sebagai sebuah genr emusik,  keroncong memiliki kekhasan dalam banyak hal. Mulai dari alat yang digunakan, alat musik keroncong memiliki keunikan berbeda dibanding dengan alat-alat musik band yang berkembang di kalangan muda, keunikan alatnya contohnya seperti cak dan cuk  yang menjadi ciri-ciri khusus alat yang digunakan dalam permainan keroncong dan tidak di gunakan pada alat-alat musik band modern. Namun secara menyeluruh kekhasan musik keroncong bisa dikelompokkan dalam beberapa segi, yaitu tampak pada: bentuk, harmoni, ritme, jenis alat musik yang digunakan, dan pembawaan. Lagu Betapa Indahnya Bersatu lagu yang tidak banyak dikenal masyarakat sekitar Malang, maka dari itu peneliti ingin mengangkat lagu ini agar lagu ini bisa dikenal masyarakat luas, karena dalam lagu ini mengandung pesan yaitu himbauan kepada pemuda Indonesia untuk kembali membangun persatuan dan kesatuan dengan berpedoman Bhinneka Tunggal Ika.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Struktur Penyajian Lagu Betapa Indahnya Bersatu Karya Andriyono pada Musik Keroncong Grup Anashyr di Malang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokas ipenelitian di jalan Telok Mandar 1 Malang. Narasumber penelitian ini adalah Andriyono, Yudi, Bambang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi atau pengamatan dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka diperoleh hasil Struktur Penyajian lagu Betapa Indahnya Bersatu terdiri dari tiga bagian yaitu 1) Bagian awal meliputi Prospel dan Intro; 2) Bagian inti terdapat vocal bait I, kole-kole, vocal bait II, vocal bait III ; 3) Bagian penutup terdapat Overgang.

Dengan adanya penelitian ini, disarankan sebagai usaha melestarikan kesenian Indonesia. Dan dapat dilakukan penelitian lanjutan sebagai usaha pengembangan musik Keroncong di Indonesia, lebih mengapresiasi seni pertunjukan dan memperkenalkan kedaerah lain dalam lingkup yang lebih luas.