SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Visual Merchandise Sebagai Media Promosi Band Tahu Brontak

Al Hazmi Indrapasca Yoga, Al Hazmi Indrapasca Yoga

Abstrak


ABSTRAK

Indrapasca Yoga, Al Hazmi. 2016. “Perancangan Visual Merchandise Sebagai Media Promosi Band Tahu Brontak”. Skripsi, Program Studi, Desain Komunikasi Visual, Jurusan, Senidan Desain, Fakultas, Sastra. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing : (I) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd (II) Mitra Istiar Wardhana, S.Kom M.T.

Kata kunci: Perancangan, Merchandise, Media Promosi, Band, Band Tahu Brontak.

Musik bagi sebagian orang merupakan sebuah kebutuhan pokok yang wajib mereka konsumsi setiap harinya. Tanpa musik dunia mungkin terasa kurang berwarna, bahkan ada yang menjadikan musik itu sebagai sumber inspirasi dan motivasi bagi hidup mereka. Tidak dipungkiri lagi kalau musik pada zaman ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sehingga industri musik sangatlah menjanjikan, namun tidak bagi band-band indi lokal. Mereka hanya mengandalkan pemasukan mereka dari penggung ke panggung, itu disebabkan karena mereka berdiri sendiri untuk memenuhi kebutuhan bermusik mereka salah satunya adalah band Tahu Brontak. Perancangan visual merchandise sebagai media promosi band Tahu Brontak ini memiliki fungsi sebagai media untuk mempromosikan band Tahu Brontak, selain itu juga dapat menjadi pemasukan finansial bagi band Tahu Brontak.

Metode perancangan menggunakan metode prosedural, diawali dengan menetapkan proses pra-produksi lalu produksi dan terakhir adalah pasca produksi. Tahap pra-produksi meliputi penentuan ide, konsep, dan riset. Tahapan produksi meliputi pembuatan sketsa, outline, detailing, dan pewarnaan.

Perancangan ini menghasilkan produk merchandise berupa t-shit, t-shirt long sleeve, jaket hoodie, drawstring bag, dan topi. Dalam merchandise yang dihasilkan semuanya adalah produk fashion, dikarenakan produk fashion adalah produk sehari-hari.  

ABSTRACT

Indrapasca Yoga, Al Hazmi. 2016. “Designing Visual Merchandise As Media Promotion Band Tahu Brontak”. Thesis Studies, Visual Communication Design Department, Art and Design, Faculty, Literature.Malang State University. Supervisor: (i) Drs. DidiekRahmanadji, M. Pd (II) Mitra Istiar Wardhana, S.Kom M.T

Keywords: Design, Merchandise, Media Promotion, Band, Band TahuBrontak.

Music for some people is a basic requirement that shall they consume each day. Without music the world might seem less colorful, and some even make music as a source of inspiration and motivation for their lives. No doubt that the music in this era has experienced very rapid development. So that the music industry is very promising, but not for local indie bands. They just rely on their income from penggung to the stage, it is because they stand alone to meet the needs of their musical one of which is the band TahuBrontak. Designing visual merchandising as a media campaign to TahuBrontak band has a function as a medium to promote the band Know Brontak, but it also can be a financial income for the band to Know Brontak.

The design method using procedural methods, begins by setting the pre-production process and production and finally post-production. Pre-production stage includes the determination of ideas, concepts, and research. Stages production includes making a sketch, outline, detailing, and color.

 

This design produces merchandise such as t-shit, long sleeve t-shirt, hoodie jacket, drawString bag and hat. In the merchandise produced all are products of fashion, because fashion product is everyday products.