SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan webcomic “Ketika Srikandi Jatuh Hati” berbasis media digital untuk Dewasa

Rosaria Astri Dewi

Abstrak


ABSTRAK

Dewi, Rosaria Astri, 2016.Perancangan webcomic “Ketika Srikandi Jatuh Hati” berbasis media digital untuk Dewasa. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang.

 

Pembimbing: (I) Drs. Didiek Rahmanadji,M.Pd (II) H. J. Hendrawan, M. Sn

Wayang merupakan seni pertunjukan asli Indonesia yang marak di kalangan masyarakat. Karena semakin kurangnya minat masyarakat mempelajari dunia wayang, maka cara lain harus ditemukan supaya seni wayang bisa tetap lestari. Dengan perancangan komik mengenai salah satu tokoh dalam kisah Mahabharata berjudul “Ketika Srikandi Jatuh Hati” ini, diharapkan akan menambah ketertarikan masyarakat kepada wayang.Media yang dipilih untuk mempopulerkan komik ini adalah Line Webtoon.Pemilihan media webtoon dikarenakan generasi muda saat ini cenderung menghabiskan banyak waktunya dengan mengikuti media sosial terbaru menggunakan smartphone. Media Sosial terbaru yang mudah diaksesdari smartphone salah satunya adalah Line.Line Webtoon adalah aplikasi yang berisi webcomic popular dan dapat diakses dengan mudah melalui smartphone.

Tujuan perancangan ini adalah menyusun sebuah komik digital berupa webtoon berjudul “Ketika Srikandi Jatuh Hati”. Komik digital ini disusun untuk mengenalkan dan melestarikan lakon pewayangan khususnya tokoh Srikandi kepada generasi muda saat ini.

Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural, yaitu model perancangan yang bersifat deskriptif. Model perancangan ini menggariskan langkah langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Model perancangan dimodifikasi dengan runtutan langkah langkah kerja yang lebih mengarah ke proses pembuatan media

Hasil perancangan yang dibuat terdiridari media utama dan media pendukung. Media utama adalah web comic yang bercerita mengenai petualangan yang Srikandi alami ketika Jatuh Hati kepada Arjuna.Komik digital ini mempunyai spesifikasi produk dengan aplikasi membaca komik digital android Webtoon. Jumlah chapter yang ditampilkan sebanyak 4.Ukuran dimensi komik ini yaitu Lebar 800pixels x Panjang  kurang dari 1280 pixels per image, menggunakan bahasa Indonesia, dan bahasa Jawa yang komunikatif.Menggunakan illustrasi sebagai penunjang tampilan media, mengkomunikasi pesan verbal melalui dialog cerita, dan colourfull. Alat yang digunakan untuk menyusun komik ini adalah Adobe Photoshop CC 2014 danTablet WacomIntuos.Untuk media pendukung terdiri dari media cetak dan media online. Media cetak terdiri dari Poster, X-Banner, GantunganKunci, Stiker, dan Standee.Sedangkan media online berupa Facebook fanspage dan Instagram.